Breaking News

Lima Tanda Depresi yang Wajib Diwaspadai

Ilustrasi depresi yang harus segera ditangani. Foto: net

WELFARE.id-Depresi atau gangguan suasana hati mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Jadi gejala depresi dapat menyebabkan berbagai macam gejala, mulai dari perasaan tidak bahagia yang terus-menerus hingga gejala fisik seperti kelelahan. 

Penting untuk menyadari kesehatan mental Anda sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mereka yang mengalami depresi mungkin tidak menyadari apa yang dialami dan itu bisa menjadi serius jika diabaikan. 

Berikut adalah lima tanda depresi yang harus diwaspadai oleh masyarakat: 

1. Perasaan rendah diri 

Seperti dilansir Liverpool Echo, Sabtu (30/7/2022), wajar jika merasa sedih dari waktu ke waktu dan setiap orang terkadang merasa rendah diri atau kesal dengan berbagai situasi dalam hidup yang mungkin terjadi. 

Namun, ketika suasana hati Anda yang buruk mulai memengaruhi hal-hal yang mungkin pernah Anda nikmati atau bertahan lebih lama dari biasanya, itu bisa menjadi tanda depresi.
Mungkin Anda mulai kehilangan minat pada hal-hal yang pernah Anda nikmati dan mungkin Anda mulai menarik diri dan tidak berolahraga atau bertemu teman-teman karena suasana hati yang buruk.

2. Perasaan tidak berharga

Anda mungkin mengalami perasaan putus asa dan putus asa. Ketika harga diri Anda rendah, Anda mungkin merasa tidak berguna, tidak berharga, dan tidak berarti, dan percaya Anda tidak memiliki sesuatu yang berharga untuk ditawarkan kepada dunia. Ketika Anda merasa seperti ini, Anda bisa merasa tidak berharga dan mulai berpikir dan berbicara tentang diri Anda secara negatif.


3. Merasa cemas 

Banyak orang dengan gejala depresi memiliki perasaan cemas. Tentu saja, wajar untuk mengalami saat-saat kegembiraan atau serangan energi gugup. Namun, apakah Anda merasa terlalu cemas tentang berbagai hal?

Pikirkan tentang berapa lama kecemasan Anda berlangsung dan seberapa sering Anda merasa cemas serta mengapa Anda mungkin merasa cemas. Stres ekstra di tempat kerja atau dalam suatu hubungan dapat menyebabkan kecemasan tetapi jika terus-menerus dan Anda memiliki kecemasan umum tanpa mengetahui akarnya, terkadang itu merupakan tanda depresi.
 
4. Kelelahan konstan

Apakah Anda merasa lelah terus-menerus? Merasa lelah dan terlalu lelah secara fisik, mental dan emosional bisa menjadi tanda umum depresi. Tingkat energi Anda mungkin terasa rendah dan terkadang Anda merasa kewalahan oleh aktivitas dan prospek untuk tetap fokus. Jenis kabut otak dapat menyerang Anda dan Anda dapat merasa terkuras oleh aktivitas normal. Tidur Anda mungkin juga dipengaruhi oleh kegelisahan umum yang disebabkan oleh depresi.

5. Tersenyum tapi tidak bahagia 

Menyembunyikan perasaan Anda dan berpura-pura memiliki kehidupan yang hebat juga bisa menjadi tanda depresi. Terkadang semakin besar senyuman, semakin besar depresi yang disembunyikannya.
Sikap yang terlalu positif, atau kehidupan yang sempurna di media sosial dan selalu menjadi orang yang meremehkan hal-hal terkadang dapat menutupi perasaan Anda yang sebenarnya tentang apa yang sedang terjadi. Kita sering mengabaikan kesedihan kita atau mengubah topik pembicaraan ketika kita menyangkal perasaan kita. (tim redaksi)


#depresi
#gangguankejiwaan
#butuhpenanganan
#psikolog
#kesehatanjiwa

Tidak ada komentar