Breaking News

Lengser, Para Kandidat Siap Bertarung Gantikan Posisi Boris Johnson

Eks Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Foto: Istimewa/ Reuters/ John Sibley

WELFARE.id-Sebanyak 11 anggota Partai Konservatif di parlemen Inggris telah memenuhi syarat untuk menggantikan Perdana Menteri Boris Johnson. Johnson memutuskan untuk mundur pada bulan ini ditengah sejumlah skandal yang melilitnya.

Melansir VOA Indonesia, Kamis (14/7/2022), masing-masing calon itu membutuhkan dukungan dari paling sedikit 20 rekan mereka dari Partai Konservatif di parlemen. Komite 1922 yang bertugas menyelenggarakan kontes pemilihan PM Inggris mengatakan, putaran pertama pemungutan suara berlangsung pada Rabu (13/7/2022).

Para kandidat yang mendapat dukungan kurang dari 30 suara akan dieliminasi sebelum putaran berikutnya pada Kamis (14/7/2022) hari ini. Melansir kantor berita Reuters, hampir semua calon PM Inggris menjanjikan pemotongan pajak secara luas untuk mendapatkan dukungan dari rekan-rekan mereka.

"Saya sangat ingin kita menyelesaikan ini dengan lancar, bersih, dan secepat mungkin," kata Graham Brady ketua panitia Komite 1922. Jumlah calon PM Inggris selanjutkan akan dipangkas menjadi dua oleh para anggota parlemen. 

Proses berikutnya adalah pemungutan suara untuk anggota Partai Konservatif yang jumlahnya kurang dari 200.000 orang saat musim panas. Di antara calon-calon tersebut, terdapat mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak, Menteri Luar Negeri Liz Truss, Menteri Perdagangan Penny Mourdaunt, dan anggota parlemen Tom Tugendhat. 

Jajak pendapat di situs web Conservatif Home menemukan, mantan Menteri Pertahanan Penny Mordaunt adalah kandidat terdepan, diikuti Menteri Kesetaraan Kemi Badenoch dan mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak yang baru saja mundur.

"Sepertinya ada peluang yang cukup besar saat ini, kontes yang hidup," lanjut Brady. Kedua finalis nantinya akan berkampanye di seluruh negara, dan para anggota partai akan melakukan pemungutan suara untuk menghasilkan pemenangnya. Pemimpin baru itu akan diumumkan ketika parlemen Inggris, House of Commons, kembali bersidang pada 5 September mendatang. (tim redaksi)

#penggantiborisjohson
#ekspminggris
#borisjohnson
#partaikonservatif
#perdanamenteriinggris
#pminggris
#kandidatpminggris

Tidak ada komentar