Breaking News

Kasus PMK di Banten Tembus 2.057 Ternak, Penularan 40 Persen di Kota Tangerang

Pemeriksaan sapi di Provinsi Banten terkait penyebaran PMK. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Penyebaran kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Provinsi Banten meluas. Pemerintah Provinsi Banten mencatat ada lebih dari 2.000 kasus PMK di daerahnya. Adapun sebanyak 40 persen diantaranya ada di Kota Tangerang. 

”Di Provinsi Banten ada sebanyak 2.057 hewan ternak telah terinfeksi PMK. Terbanyak di wilayah Tangerang mencapai 843 hewan ternak. Mayoritas akibat mobilitas ternak menjelang Idul Adha," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, Selasa sore (5/7/2022)

Al Muktabar juga mengatakan hewan ternak yang terpapar virus PMK secara rutin menjalani perawatan dan pengobatan hingga akhirnya sembuh. "Untuk tingkat kesembuhan yakni 36 persen sampai 42 persen," tuturnya juga. 

Dengan banyaknya kasus PMK yang bermunculan di Provinsi Banten, Al Muktabar memastikan pihaknya akan serius menangani masalah tersebut. Diantara upaya yang dilakukan yakni pemberian vaksin bagi hewan ternak untuk menekan penyebaran wabah tersebut secara lebih luas. 

Al Muktabar juga diketahui turut mengawal kedatangan vaksin PMK ketiga ke Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (4/7/2022) lalu. Ada sebanyak 94 ribu dosis vaksin PMK yang diimpor dari Perancis. 

”Pemerintah hadir dan sangat serius untuk menangani Penyakit Mulut dan Kuku. Kita harap masyarakat tenang, pemerintah akan menangani dengan sungguh-sungguh," ujar Al Muktabar juga. 

Pejabat yang akrab disapa Al ini juga menyebut, Provinsi Banten telah menerima sebanyak 1.100 dosis vaksin PMK sebelumnya. Pihaknya akan mengajukan kembali sebanyak 1.100 dosis vaksin PMK ke Kementerian Pertanian (Kementan). 

Angka tersebut terbilang masih minim, namun dipastikan akan terus datang secara berangsur untuk memenuhi kebutuhan di Provinsi Banten. 

Menurut catatan Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten, saat ini ada sebanyak 37 ribu populasi sapi, 54 ribu ekor kerbau, dan 600 ribu ekor kambing, serta 400 ribu ekor domba di Provinsi Banten. (tim redaksi)


#penyakithewan
#penyakitmulutdankuku
#pmk
#vaksin
#pjgubernurbanten
#almuktabar

Tidak ada komentar