Breaking News

Jangan Dianggap Sepele Gejala Ini, Bisa Jadi Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Artis Kalina Octarany baru saja putus dengan kekasih brondongnya. Salah satu penyebabnya, disebut-sebut karena Kalina didiagnosa Infeksi Saluran Kemih (ISK), namun disalahartikan sebagai penyakit kelamin.

Kamu perlu tahu, bahwa ISK jauh berbeda dengan penyakit kelamin. Saluran kemih adalah sistem drainase tubuh untuk mengeluarkan urine, yang terdiri dari limbah dan cairan ekstra.

Mengutip National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), Kamis (21/7/2022), saluran kemih meliputi dua ginjal, dua ureter, kandung kemih, dan uretra. ISK adalah infeksi yang terjadi ketika bakteri menginfeksi saluran kemih. 

Banyak orang menganggap sepele ISK, karena sering menahan Buang Air Kecil (BAK). Memang benar, sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra. 

Wanita memiliki risiko lebih besar terkena ISK dibandingkan pria.  "Memahami mengapa ISK terjadi dapat membantu mencegah rasa sakit dan ketidaknyamanan yang menyertainya,"  kata Dr S Adam Ramin, MD, dikutip Kamis (21/7/2022). 

Infeksi saluran kemih bisa menyakitkan dan mengganggu namun tidak selalu menyebabkan tanda dan gejala. Berikut ini beberapa gejala ISK yang wajib diwaspadai

Salah satu tanda awal ISK yang akan datang adalah bau yang sangat tidak biasa atau urine terlihat keruh. Tanda-tanda ini memerlukan evaluasi dokter. 

Jika dapat mengetahui lebih awal, lebih baik untuk mengobatinya sebelum gejala yang lebih tidak menyenangkan muncul. "Gejala ISK yang kurang menyenangkan itu mungkin termasuk sakit perut, perasaan terbakar saat buang air kecil, dan/atau keinginan untuk sering buang air kecil, bahkan jika keluarannya minimal atau tidak ada sama sekali," ujar Ramin. 

Infeksi saluran kemih yang telah mencapai ginjal dapat menyebabkan kamu kehilangan kontrol atas kantung kemih. Ini juga sering disertai dengan sakit punggung dan demam.

Maka itu, dirinya menyarankan, cara terbaik agar terhindar dari ISK adalah dengan menjaga kebersihan. Langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan adalah buang air kecil setelah berhubungan seks, secara teratur mencuci area genital dengan sabun lembut dan air hangat.

Bagi wanita, pastikan untuk menyeka dari arah depan ke belakang saat menggunakan kamar kecil. Ini dapat membantu menjaga bakteri keluar dari uretra.

"Pastikan tubuh tetap terhidrasi, dan jangan "menahan" urine terlalu lama atau terburu-buru saat buang air kecil," sarannya. Jika sedang hamil, kamu harus segara menghubungi penyedia layanan kesehatan saat melihat gejala pertama ISK.

Mengutip Cleveland Clinic, Kamis (21/7/2022), infeksi saluran kemih menyebabkan lapisan saluran kemih menjadi merah dan teriritasi (peradangan). Berikut tanda-tanda saluran kemih tidak sehat karena infeksi secara umum:

- Nyeri di bagian samping (pinggul), perut atau daerah panggul.
- Tekanan di panggul bawah.
- Sering buang air kecil (frekuensi).
- Kebutuhan mendesak (urgensi) untuk buang air kecil.
- Kebocoran urin karena hilang kontrol kandung kemih (inkontinensia).
- Buang air kecil yang menyakitkan (disuria) dan terdapat darah dalam urine.
- Kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari.
- Warna urine tidak normal (urine keruh) dan urine yang kuat atau berbau busuk.
- Nyeri saat berhubungan seks.
- Sakit penis.
- Nyeri pinggang (sisi tubuh) atau nyeri punggung bawah.
- Kelelahan Demam (suhu di atas 100 Fahrenheit atau 37,8 Celcius).
- Muntah.
- Perubahan mental atau kebingungan. 
(tim redaksi)

#infeksisalurankemih
#isk
#urinekeruh
#sakitpinggang
#sakitpunggung
#sukamenahanbak
#dehidrasi

Tidak ada komentar