Breaking News

Jadi Penyebab Banjir, Tanggul Jebol di Perumahan Pinang Griya Dipasang Kisdam

Tiga perempuan melintas di dekat rumahnya di Perumahan Pinang Griya, Kota Tangerang, yang dilanda banjir, Sabtu (16/7/2022). Foto: istimewa

WELFARE.id-Banjir yang melanda Perumahan Pinang Griya, Sabtu (16/7/2022), selain disebabkan air kiriman dari Bogor tapi juga akibat jebolnya tanggul yang ada di perumahan tersebut. 

Guna penanganan sementara, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang telah memasang kisdam untuk mengatasi tanggul yang jebol sepanjang 30 meter yang terjadi di perumahan yang berlokasi di Kecamatan Ciledug tersebut. 

”Kita lakukan pencegahan, sudah kita antisipasi dengan memasang kisdam sebagai penanganan awal agar air tak meluap ke perumahan," terang Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Minggu (17/7/2022).

Untuk diketahui, kisdam merupakan struktur bangunan air yang dibuat sekaligus dipakai untuk sementara waktu. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi air dari aliran sungai masuk ke dalam lokasi galian pembangunan.

Arief juga mengatakan banjir yang melanda Perumahan Pinang Griya disebabkan karena tanggul di RW 05 jebol. Karena itu, penanganan pertama dipasang kisdam sebelum dilakukan perbaikan secara permanen.

Arief juga mengatakan tanggul di Perumahan Pinang Griya yang jebol sepanjang 30 meter disebabkan karena debit air yang deras setelah hujan sejak Jumat (15/7/2022) siang.

"Upaya penanganan terus kita lakukan dalam mengatasi banjir. Semua pihak sudah bergerak dalam membantu warga terdampak juga," katanya juga.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Ruta mengatakan saat petugas terus melakukan pemasangan kisdam di beberapa lokasi yang terjadi luapan air.

Ia juga mengatakan petugas telah diterjunkan sejak Jumat (15/7/2022) untuk membantu mengatasi banjir di pemukiman maupun ruas jalan raya di kota tersebut. 

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang mencatat hujan deras sejak Jumat (15/7/2022) malam hingga Sabtu (16/7/2022) pagi menyebabkan banjir yang terjadi di 19 titik di kota tersebut.

Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koeswara mengungkapkan kondisi banjir di sejumlah wilayah memiliki ketinggian sekitar rata-rata 30 centimeter (cm). (tim redaksi)

#banjir
#kotatangerang
#tangguljebol
#perumahanpinanggriya
#walikotatangerang
#ariefrwismansyah
#pupr

Tidak ada komentar