Breaking News

Jabodetabek Kembali PPKM Level 1

Suasana mal di kawasan Jakarta Sekatan. Foto : welfare.id/ Dewi Maryani

WELFARE.id-Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta dan sekitarnya kembali masuk level satu mulai Rabu (6/7/2022) setelah sehari sebelumnya, Selasa (5/7/2022) masuk level dua. 

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 35/2022 yang diterbitkan pada Selasa (5/7/2022). 

Sebelumnya, PPKM level dua Jakarta dan sekitarnya diatur dalam Inmendagri 33/2022 yang diterbitkan pada Senin (4/7/2022) yang kini sudah tidak berlaku. Dengan perubahan status PPKM di Jakarta dan sekitarnya itu maka sejumlah aktivitas masyarakat kembali kapasitasnya maksimal 100 persen setelah pada PPKM level dua kapasitas maksimal 75 persen. 

Kapasitas mal/pusat perbelanjaan kini kembali beroperasi dengan kapasitas 100 persen. Untuk perusahaan di sektor non esensial kini kembali menerapkan 100 persen  bekerja dari kantor (WFO). 

Restoran atau rumah makan juga bisa menerapkan hingga 100 persen kapasitas pengunjung, begitu juga kapasitas di warung makan/pedagang kaki lima. 

Restoran/kafe yang beroperasi malam hari mulai pukul 18.00 hingga 02.00 WIB juga diizinkan membuka kapasitas 100 persen. 

Tak hanya itu, kapasitas bioskop, tempat ibadah, fasilitas umum seperti taman dan tempat wisata umum, kegiatan seni budaya dan pusat kebugaran sebesar 100 persen. Sedangkan angkutan umum masih diperkenankan mengangkut penumpang hingga 100 persen. 

Dalam Inmendagri itu dijelaskan penyesuaian level tersebut berpedoman pada indikator transmisi komunitas pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat. Selain itu, juga pembatasan sosial dalam penanggulangan pandemi COVID-19 yang ditetapkan Menteri Kesehatan. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku bersyukur bahwa PPKM yang diterapkan di Ibu Kota kembali ke level 1. "Yang pertama, kita bersyukur PPKM diperpanjang oleh Pemerintah Pusat tetap di level 1," paparnya, dikutip Kamis (7/7/2022). 

Di sisi lain, Riza meminta warga di Jakarta untuk tetap disiplin dan bertanggung jawab terhadap penerapan protokol kesehatan. Politisi Gerindra itu meminta warga Ibu Kota untuk divaksinasi COVID-19 dosis ketiga alias booster. 

Terus memastikan seluruh keluarga di rumah, di lingkungan terdekat, kerabat semua, kita ajak untuk memastikan sudah mendapatkan booster atau vaksin yang ketiga," sebutnya. 

"Karena memang pelonggaran sudah semuanya 100 persen, tapi harus didukung dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga vaksin," sambungnya. 

Adapun pelaksanaan PPKM level 1 ini harus diterapkan di semua wilayah Jakarta mulai dari Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Kebijakan ini berlaku dari 6 Juli hingga 1 Agustus 2022. (tim redaksi) 

#ppkm
#level1
#ppkmlevel1
#ppkmjakarta
#jabodetabek

Tidak ada komentar