Breaking News

Isu Keamanan Mencuat, Jelang Persiapan Olimpiade Paris 2024

Kota Paris di Prancis bakal jadi tuan rumah Olimpiade 2024. Foto: Ilustrasi/ Dok. cgtn.com

WELFARE.id-Kota Paris di Prancis bakal jadi tuan rumah Olimpiade 2024. Semua persiapan terus dilakukan, terkait venue olahraga dan hal lainnya.

Maklum, dua tahun lagi pesta olahraga dunia itu dihelat, namun Prancis masih dihadapkan sejumlah tantangan. Selain masalah biaya pembuatan dan renovasi venue, isu keamanan kembali mencuat.

Banyak yang khawatir akan kesiapan keamanan atlet dan penonton pada 26 Juli 2024 mendatang. Isu keamanan muncul setelah reputasi Prancis tercoreng akibat kekacauan di final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid vs Liverpool di Paris pada 28 Mei 2022 lalu.

Banyak pihak menyoroti cara polisi dalam menangani masalah yang dinilai kejam. Insiden tersebut membuat kecemasan lantaran Presiden Prancis Emmanuel Macron menginginkan pembukaan Olimpiade tidak akan berlangsung seperti biasanya di stadion, tetapi di Sungai Seine.

Melansir AFP, Sabtu (30/7/2022), secara estafet dan intensif, Macron telah mengadakan pertemuan dengan para menteri untuk menyelesaikan beberapa masalah jelang Olimpiade Paris 2024. Pertemuan di Istana Elysee menghadirkan jajaran penting seperti Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin dan Menteri Olahraga Amelie Oudea-Castera.

Olimpiade akan menjadi fokus perhatian bagi Macron dalam masa jabatan keduanya sebagai Presiden Prancis. Macron perlu menunjukkan Olimpiade sebagai bagian dari memperlihatkan citra Prancis sebagai negara yang nyaman dalam identitas modern, serta terbuka untuk dunia.

Selain keamanan, masalah anggaran juga menjadi tantangan dalam menyelenggaraan Olimpiade. Panitia penyelenggara Olimpiade COJO mempunyai anggaran 4 miliar euro atau sekitar Rp60 triliun untuk melaksanakan pesta olahraga multi-event tersebut.

Akan tetapi, situasi inflasi yang meningkat membuat upaya penghematan anggaran harus dilakukan demi menstabilkan ekonomi. Selain masalah inflasi, dana sponsor juga belum mampu menutupi kekurangan dana.

"Semuanya sangat ketat mengenai anggaran," kata seorang sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

BWF rilis jadwal cabor bulutangkis

Di sisi yang lain, BWF merilis jadwal cabor bulu tangkis untuk Olimpiade Paris 2024. Kendati masih dua tahun lagi, BWF sudah menentukan kapan babak penyisihan hingga perebutan medali pada acara multievent akbar itu.

Kini, pihak Komite Olimpiade (IOC) merilis tanggal resmi untuk cabang olahraga bulu tangkis. Seperti dikabarkan laman resmi BWF, dikutip Sabtu (30/7/2022), cabor bulutangkis akan digelar mulai 27 Juli 2024.

Pertandingannya akan digelar di Porte de La Chapelle Arena, Paris. Pertandingan bulu tangkis rencananya akan digelar selama tiga sesi pada enam hari pertama. 

Untuk hari-hari berikutnya, pertandingan digelar dalam dua sesi. Nantinya, seluruh peserta dari lima sektor akan bertanding di fase grup, yang digelar hingga 31 Juli 2024. 

Menyusul kemudian pertandingan fase gugur yang digelar dengan puncaknya pada 5 Agustus 2024. Pertandingan perebutan medali emas pertama akan digelar 2 Agustus 2024 untuk nomor ganda campuran. 

Kemudian, final ganda putri akan diadakan sehari berikutnya. Babak final ganda putra diadakan pada 4 Agustus 2024. Sementara itu, babak final tunggal putra dan tunggal putri rencananya akan diadakan pada hari yang sama yakni 5 Agustus 2024. (tim redaksi)

#olimpiadeparis2024
#parisprancis
#presidenprancis
#emmanuelmacron
#bulutangkis
#persiapanolimpiadeparis2024
#isukeamanan

Tidak ada komentar