Breaking News

Ini Tujuh Makanan Termahal di Dunia, Dua Diantaranya Berasal dari Indonesia

Hidangan jamur Matsutake yang merupakan salah satu makanan termahal di dunia. Foto: net

WELFARE.id-Bagi sebagian orang,  mengonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tapi bagi sebagian orang, makanan yang dikonsumsi harus diolah dari bahan yang berkualitas tinggi. 

Tak jarang orang-orang ini rela merogok kocek yang begitu dalam demi bisa menikmati makanan termahal di dunia. Lalu, apa saja makanan termahal di dunia yang digemari oleh sebagian orang kaya tersebut? Berikut ini beberapa makanan termahal di dunia yang ternyata juga ada yang berasal dari Indonesia.

1. Jamur Matsutake
Jamur Matsutake merupakan jamur yang sangat langka dan harganya kini mencapai USD600 atau sekitar Rp8,8 juta (dengan asumsi kurs Rp14.880 per dolar AS) untuk satu kilogramnya. Jamur Matsutake berasal dari Jepang, tapi juga bisa tumbuh di beberapa negara di Asia. Akan tetapi, jamur ini jumlahnya semakin menurun karena serangga dan pohon. Karena tidak ada cara untuk membudidayakan jamur matsutake, ada kemungkinan besar jamur ini akan punah di masa depan.

2. Kaviar Albino
Satu kilogram kaviar albino ini dibanderol harga €8.500 euro atau sekitar Rp137 juta (dengan asumsi kurs Rp16.198 per euro). Harga kaviar ini sangat tinggi karena kaviar ini merupakan telur dari sturgeon albino yang sangat jarang diperoleh.

3. Saffron
Harga bumbu saffron per 1 kilogram ini berkisar dari USD400 sampai USD1000 atau sekitar Rp5,7 juta sampai Rp14 juta. Saffron hanya dapat tumbuh selama tujuh hari dalam setahun di musim gugur. Saffron dikumpulkan dan diproses dengan tangan, tapi untuk mengumpulkan 1 kg saffron saja, Anda perlu memetik sekitar 300.000 bunga.

4. Truffle Putih
Truffle putih ini dibanderol harga yang tinggi karena untuk mengumpulkan dan melestarikannya butuh metode khusus. Selain itu, truffle putih juga diklaim memiliki rasa dan aroma yang luar biasa. Di Eropa, 1 kilogram truffle putih dibanderol harga €2.000 atau sekitar Rp32 juta (dengan asumsi €1 senilai Rp16.198).

5. Keju Moose
Keju Moose merupakan salah satu keju termahal di dunia karena hanya diproduksi di satu tempat, yaitu di peternakan Moose House di Swedia. Untuk memproduksi keju Moose, perlukah susu rusa. Oleh karena itu, keju moose berwarna putih dan tampilannya seperti keju feta. Keju Moose dibandrol harga €1.000 euro atau sekitar Rp16 juta lebih.

6. Ayam Cemani
Seperti yang dilansir dari laman Brightside, ayam Cemani merupakan ayam yang diternak di Indonesia dan tidak diekspor ke berbagai negara karena dikhawatirkan menularkan flu burung. Harga satu ayam ini sekitar USD200 atau sekitar Rp2,8 juta. Namun, di Indonesia ayam cemani bukan merupakan bahan masakan, sedangkan di Tiongkok, ayam hitam atau ayam silkie biasa diolah menjadi sup herbal.

7. Kopi Luwak
Kopi ini diproduksi di berbagai negara seperti Indonesia, Filipina dan India di bagian selatan. Kopi luwak merupakan kopi termahal di dunia. Harga kopi luwak per kilogram berfluktuasi antara USD250 sampai USD1.200 atau sekitar Rp3,6 juta sampai Rp17juta. (tim redaksi)


#makanan
#hidanganberkualitas
#makananmahal
#termahaldidunia
#higienis
#makananterbaik

Tidak ada komentar