Breaking News

Indonesia Peringkat Ke-2 Negara Terbaik Bagi Ekspatriat

Ilustrasi (instagram @hanin.zeitouni) 

WELFARE.id-Indonesia meraih peringkat kedua negara terbaik untuk ekspatriat berdasarkan survei Expat Insider 2022 yang diselenggarakan oleh InterNations. 

Berdasarkan informasi dari laman resminya, InterNastions merupakan sebuah jaringan ekspatriat global terbesar di dunia, dengan anggota mencapai 4,5 juta orang yang tersebar di 420 kota di seluruh dunia. InterNastions memiliki kantor resmi di Munich, Jerman.  

Mengutip laporan survei Expat Insider 2022, Meksiko merupakan negara terbaik bagi ekspatriat. Meksiko berhasil menggeser posisi Taiwan yang menyandang gelar negara terbaik untuk ekspatriat tahun lalu, berdasarkan Expat Insider 2021.  

Menariknya, tahun ini Indonesia berada di peringkat kedua negara terbaik untuk ekspatriat. Padahal, dalam laporan Expat Insider 2021, Indonesia berada di peringkat 31.    

“Para peringkat negara terbaik (bagi ekspatriat) 2022, ekspatriat sangat menghargai kemudahan menetap dan keuangan mereka,” tulis InterNations dalam laporan Expat Insider 2022, dikutip dari situs resminya, Minggu (17/7/2022).   

Sejak 2014, InterNations rutin menggelar survei Expat Insider. Pada survei Expat Insider 2022, sebanyak 11.970 ekspatriat menjadi responden Mereka mewakili 177 kebangsaan, serta tersebsar di 181 negara. Agar sebuah negara masuk dalam daftar peringkat Expat Insider 2022, maka ukuran sampel minimal 50 responden.  

Survei Expat Insider 2022 dilakukan langsung oleh InterNations, mulai 1 hingga 28 Februari 2022. Kuesioner online diberikan melalui jaringan, buletin, dan media sosial InterNations Responden survei mencakup semua jenis ekspatriat, mulai dari karyawan perusahaan multinasional hingga ekspatriat mandiri. Survei Expat Insider 2022 mengukur 56 indikator untuk menentukan negara terbaik bagi ekspatriat.  

Indikator tersebut mencakup hampir setiap aspek pengalaman ekspatriat, mulai dari keuangan, kemudahan menetap, biaya perumahan, biaya hidup, hingga mencari teman lokal. Setiap ekspatriat diminta untuk memberikan penilaian dari setiap indikator pada skala 1-7.  

“Pandangan yang dikumpulkan dalam survei memberikan gambaran seperti apa kehidupan ekspatriat saat ini, dan juga memberikan wawasan tentang negara tempat tinggal ekspatriat di seluruh dunia,” tulis InterNations.  

10 negara terbaik untuk ekspatriat 

Meksiko menjadi negara terbaik untuk ekspatriat, menggeser posisi Taiwan yang menyandang gelar itu tahun lalu. “Faktanya, negara ini menempati urutan pertama dalam sub kategori keramahan warga lokal, kemudahan menemukan teman, serta budaya dan sambutan,” tulis InterNations.  

Ekspatriat menggambarkan penduduk lokal Meksiko ramah (90 persen responden, dibandingkan 66 persen secara global untuk kategori yang sama) dan merasa mudah untuk berteman di antara mereka (75 persen responden, dibandingkan 42 persen secara global untuk kategori yang sama). 

Selanjutnya, Indonesia berada di peringkat kedua negara terbaik bagi ekspatriat berdasarkan Expat Insider 2022. Indonesia berhasil unggul dibandingkan sejumlah negara seperti Australia, Uni Emirat Arab (UEA), dan Singapura.  

Padahal, tahun lalu Indonesia berada di peringkat 31. InterNations menyatakan Indonesia mendapatkan penilaian bagus pada indikator kemudahan menetap dan keuangan pribadi.  

“Hampir dua dari tiga ekspatriat (64 persen responden dibandingkan 45 persen secara global untuk kategori yang sama) mengatakan bahwa pendapatan rumah tangga mereka yang dapat dibelanjakan lebih dari cukup untuk menjalani kehidupan yang nyaman,” tulis InterNations. 

Berikut peringkat 10 negara terbaik untuk ekspatriat berdasarkan survei Expat Insider 2022 yang diselenggarakan oleh InterNations.  

1. Meksiko 

2. Indonesia 

3. Taiwan 

4. Portugal 

5. Spanyol 

6. Uni Emirat Arab (UEA) 

7. Vietnam 

8. Thailand 

9. Australia 

10. Singapura. (tim redaksi

#ekspatriat
#expatinsider
#expatinsider2022
#indonesia
#internations

Tidak ada komentar