Breaking News

Hari Ini, Mendiang Eks PM Jepang Shinzo Abe Dimakamkan

Foto: Istimewa/ Getty Images via BBC

WELFARE.id-Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe  bakal dimakamkan Selasa (12/7/2022) hari ini, waktu setempat. Jenazahnya saat ini  dilaporkan telah berada di kediamannya di Tokyo.

Melansir VOA Indonesia, Selasa (12/7/2022), kemarin, sejumlah petinggi negara diberikan kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mendiang eks PM Jepang itu. Abe ditembak Jumat lalu 8 Juli, ketika sedang menyampaikan pidato kampanye di Kota Nara, di bagian barat Jepang. 

Ia dinyatakan meninggal dunia beberapa jam setelah penembakan. Tim dokter tak berhasil menyelamatkan nyawanya. Pembunuhan itu mengejutkan Jepang. Sebab, kekerasan dengan senjata api di Negara Matahari Terbit itu sangat jarang terjadi.

Tersangka pelaku pembunuhan itu, Tetsuya Yamagami, diketahui sebagai mantan anggota Pasukan Bela Diri (SDF) negeri Matahari Terbit itu. Polisi mengatakan Yamagami yakin Abe terkait dengan kelompok agama yang dinilainya bersalah atas kehancuran finansial ibunya.

Gereja Unifikasi Jepang, kemarin, menyatakan, ibu Yamagami adalah jemaat gereja itu. Tetapi menyangkal bahwa mereka telah menerima uang dalam jumlah besar darinya. 

Baik tersangka, maupun Abe, bukan anggota gereja itu. Tetapi tampaknya Yamagami percaya Abe adalah anggota gereja tersebut. Selama bertahun-tahun Abe telah mendukung upaya mempromosikan perdamaian gereja di Jepang. (tim redaksi)

#mendiangshinzoabe
#ekspmjepang
#dimakamkanhariini
#pelakupenembakan
#tetsuyayamagami
#gerejaunifikasijepang
#shinzoabeditembak

Tidak ada komentar