Breaking News

Hari Ini, IHSG Diprediksi Melemah

Ilustrasi. Foto : net

WELFARE.id-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Jumat (1/7/2022). Pukul 09.00 WIB, IHSG menguat 6,906 poin atau 0,09 persen ke 6.917,15. 

Sebanyak 95 saham naik, 105 saham turun dan 246 saham stagnan. Empat indeks sektoral menguat, mengikuti kenaikan IHSG. Sedangkan enam indeks sektoral lainnya masuk zona merah. 

Indeks sektoral dengan kenaikan terbesar adalah IDX Sektor Kesehatan yang naik 0,4054, IDX Sektor Barang Konsumen Primer naik 0,1 persen dan IDX Sektor Infrastruktur yang naik 0,05 persen. 

Sedangkan indeks sektoral dengan pelemahan terdalam adalah IDX Sektor Barang Baku yang turun 0,89 persen, IDX Sektor Teknologi turun 0,43 persen dan IDX Sektor Perindustrian yang turun 0,27 persen. 

Total volume perdagangan saham di bursa pagi ini mencapai 1,02 miliar saham dengan total nilai Rp410,53 triliun. 

Secara keseluruhan, IHSG diproyeksikan melemah pada perdagangan hari ini. Indeks berpotensi bergerak pada kisaran 6.893 - 7.040. Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan, pelemahan IHSG karena sudah turun selama empat hari berturut-turut sebesar 131,35 poin atau 1,87 persen dan jatuhnya harga komoditas. 

"Diperkirakan IHSG sulit untuk move on alias IHSG berpotensi akan kembali turun Jumat ini menyusul akan berlanjutnya aksi jual yang dilakukan investor Indonesia merujuk turunnya Indeks DJIA sebesar 0,82 persen," kata Edwin dalam risetnya, Jumat (1/7/2022). 

Menurut dia, hal itu juga karena kembali turunnya EIDO pada hari keempat sebesar 0,13 persen dan kembali jatuhnya harga beberapa komoditas. Rinciannya, minyak turun pada hari kedua sebesar 3,23 persen, emas turun pada hari keenam sebesar 0,67 persen, timah turun tipis 0,10% dan nikel turun 4,82 persen di tengah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ke level Rp14.900. 

Lebih lanjut dia membeberkan sejumlah saham dengan rekomendasi Buy yaitu TOWR, MAPI, CPIN, PRDA, MIKA, SSIA, AGII, EXCL, ASII, ICBP. Sedangkan saham dengan rekomendasi Sell antara lain ANTM, MDKA, HRTA, INCO. 

Berbeda dengan Direktur Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya yang mengatakan, IHSG berpeluang menguat hari ini. Dia mengatakan, memasuki paruh kedua pada tahun 2022, pola gerak IHSG masih terlihat berada dalam rentang konsolidasi wajar di tengah penantian rilis data perekonomian inflasi serta data kedatangan wisatawan yang akan dirilis. 

“Data perekonomian yang disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil serta diperkirakan terdapat peningkatan jumlah kedatangan wisatawan, tentunya dapat memberikan sentimen positif terhadap pola gerak IHSG, hari ini IHSG berpotensi menguat,” kata William. (tim redaksi) 

#saham
#rekomendasisaham
#ihsg
#bei
#bursaefek
#trading
#idx

Tidak ada komentar