Breaking News

Harga Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex Naik Lagi

Antrean di SPBU. Foto: welfare.id/ Dewi Maryani

WELFARE.id-PT Pertamina (Persero) kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Adapun harga BBM yang naik yaitu jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

Naiknya harga BBM ketiga jenis tersebut sesuai keputusan Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. "PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum," ujarnya dalam keterangan di situs resmi Pertamina, dikutip Senin (11/7/2022). 

Pada 3 Maret 2022, harga Pertamax Turbo sebesar Rp14.500 per liter. Namun hari ini naik menjadi Rp16.200 per liter. Kemudian, Pertamina Dex awalnya Rp13.700 per liter, naik menjadi Rp16.500 per liter, dan harga Dexlite naik menjadi Rp15 ribu per liter yang sebelumnya hanya Rp12.950 per liter. 

Manajemen PT Pertamina Patra Niaga memastikan tidak ada kenaikan pada beberapa harga BBM subsidi seperti Pertalite, Solar, dan LGP 3 kilogram. "Walau harga Indonesian Crude Price (ICP) untuk BBM dan Contract Price Aramco (CPA) untuk elpiji masih tinggi, harga BBM bersubsidi tidak ikut dinaikkan," jelas Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman. 

Selain itu, harga Pertamax yang merupakan BBM nonsubsidi juga tidak berubah, yakini Rp12.750 per liter. Menurutnya, penyesuaian BBM terus diberlakukan secara berkala sesuai dengan Kepmen ESDM 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga Jenis Bahan Bakar Umum (JBU). (tim redaksi) 

#pertamina
#bbm
#bbmnaik
#Pertamax Turbo
#Dexlite
#PertaminaDex

Tidak ada komentar