Breaking News

Harga Cabai Masih Mahal, Beli Rp10 Ribu Bisa Dihitung dengan Jari

Harga cabai masih mahal. Foto : net 

WELFARE.id-Jelang hari raya Idul Adha, harga cabai masih tetap mahal. Harga cabai rawit merah mencapai Rp120.000 per kilogramnya. Mahalnya harga cabai membuat pedagang membatasi pembelian minimal setengah ons Rp6.000. 

Pedagang Sayur di Pasar Depen Gas Alam, Kota Depok, Asep mengatakan harga cabai sangat mahal. Oleh karena itu, dia membatasi pembelian minimum setengah ons. 

Di Pasar Modern Citra Indah City, Jonggol, harga 1 kilogram dibanderol Rp110 ribu. Bahkan di Manado, cabai rawit dijual dengan harga tertinggi Rp 200 ribu per kilogram. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, gejolak harga cabai yang terjadi belakangan ini dipengaruhi oleh kondisi anomali cuaca dan serangan hama penyakit yang massif, sehingga membuat hasil panen petani tidak optimal. Di samping itu, dinamika harga memang kerap terjadi menjelang hari raya keagamaan. 

"Memang ada dinamika harga menjelang hari raya Iduladha. Dan ini adalah momentum yang terjadi setiap tahun, Idulfitri, Iduladha, Natal dan tahun baru," ujarnya dalam keterangan resminya, Minggu (3/7/2022). 

Mentan menambahkan, dengan dibukanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kebutuhan industri hotel, restoran dan kafe (Horeka) juga turut meningkatkan permintaan cabai. Meski demikian, Mentan mengatakan berdasarkan data ketersediaan cabai, neraca cabai besar dan cabai keriting pada Juni 2022 dalam kondisi surplus. 

"Produksi cabai besar nasional pada bulan Juni sebesar 78.040 ton dan cabai rawit 1.723 ton. Sementara kebutuhan untuk cabai besar diperkirakan 76.317 ton, sehingga neraca cabai besar surplus 1.723 ton. Hal yang sama juga terjadi pada cabai keriting, ada surplus 1.403 ton karena kebutuhan nasional bulan Juni diperkirakan 72.159 ton," katanya. 

Di sisi lain, kenaikan harga cabai juga berdampak pada pendapatan petani. "Tadi ada yang membahagiakan, ternyata dari kenaikan yang ada, petani juga turut menikmati," tambahnya. 

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, Minggu (3/7/2022), harga rata-rata cabai merah besar Rp70.850 per kilogram, cabai merah keriting Rp77.300 per kilogram, cabai rawit hijau Rp70.150 per kilogram. (tim redaksi

#cabai
#hargacabai
#cabaimahal
#mentan
#ekonomi

Tidak ada komentar