Breaking News

Gigi Makin Sehat Jika Sering Mengkonsumsi Enam Makanan Ini

Kesehatan gigi perlu diperhatikan selain untuk penampilan juga kesehatan tubuh. Foto: net

WELFARE.id-Gigi salah satu bagian tubuh yang perlu dirawat agar selalu sehat. Ketika berbicara tentang kesehatan gigi Anda, semua itu berhubungan dengan apa yang Anda makan. Makanan manis, seperti permen dan minuman bersoda, menyebabkan kerusakan gigi. 

Pemenuhan nutrisi yang baik memiliki efek langsung pada gigi dan gusi Anda. Maka jika nutrisi buruk yang diterima tubuh maka dapat menyebabkan kerusakan gigi, gigi berlubang dan penyakit gusi.  

Dilansir dari foodndtv, Sabtu (30/7/2022), Anda dapat menggunakan daftar makanan sehat untuk meningkatkan kesehatan kesehatan mulut Anda yang akan berujung pada kesehatan tubuh.

Berikut enam makanan yang harus dikonsumsi agar gigi sehat yaitu:

1. Keju
Sebuah survei menyebutkan mengonsumsi keju meningkatkan pH di mulut dan menurunkan risiko kerusakan gigi. Juga dipercaya bahwa mengunyah keju meningkatkan air liur di mulut. Keju juga mengandung kalsium dan protein, nutrisi yang memberi kekuatan pada gigi.

2. Sayuran Daun Hijau
Sayuran kaya akan vitamin dan mineral sementara rendah kalori. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam juga meningkatkan kesehatan mulut. Keduanya tinggi kalsium, yang menciptakan enamel pada gigi Anda dan mencegah gusi sakit.

3. Apel
Dokter biasanya menyarankan untuk menghindari sebagian besar makanan manis. Namun, ada beberapa pengecualian untuk kesehatan gigi. Mengkonsumsi buah-buahan, seperti apel, mungkin manis, tetapi juga memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Makan apel menghasilkan air liur di mulut Anda, yang membilas bakteri dan biji-bijian makanan. Buah yang berserat juga meningkatkan kesehatan gusi.  

4. Yogurt
Mirip dengan keju, yoghurt kaya akan kalsium dan protein, yang menjadikannya pilihan ideal untuk kekuatan dan kesehatan gigi Anda. Probiotik, atau bakteri baik bermanfaat, yang ditemukan dalam yoghurt juga bermanfaat bagi gusi Anda karena bakteri baik membilas bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda memilih untuk menambahkan lebih banyak yoghurt ke dalam makanan Anda, lebih baik pilih jenis yoghurt yang polos tanpa tambahan gula.

5. Wortel
Seperti apel, wortel juga renyah dan kaya serat. Makan beberapa wortel mentah setelah setiap makan meningkatkan produksi air liur di mulut Anda, yang mengurangi ancaman gigi berlubang. Selain kaya akan serat, wortel merupakan sumber vitamin A yang cukup banyak. Tambahkan salad dengan beberapa potong wortel mentah saat waktu makan.

6. Almond
Almond bermanfaat untuk gigi Anda karena merupakan sumber kalsium dan protein yang baik sementara rendah gula. Nikmati segenggam almond dengan makan siang maka gigi Anda akan makin sehat. (tim redaksi)

#kesehatan
#gigikuat
#makananuntukgigi
#gusisehat
#produksiairliur
#kesehatantubuh

Tidak ada komentar