Breaking News

Gerombolan Teroris KKB Papua Pelaku Pembunuhan Keji Pendeta dan Sembilan Warga Diburu

Kabid Humas Polda Papua, Kombespol Ahmad Musthofa Kamal. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Penyerangan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua menurut Polda Papua dilakukan terhadap pendeta bernama Eliaser Baye dan warga sipil terjadi di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga, Papua.

Dalam penyerangan menggunakan senjata api dan senjata tajam itu membuat 12 orang menjadi korban dan 10 orang diantaranya meninggal dunia. Saat ini, jajaran Polda Papua masih memburu kelompok teroris yang membunuh warga sipil tersebut. 

”Penyerangan terjadi pada hari Sabtu (16/7/2022) sekitar pukul 09.15 WIT di Kampung Nogolait, Kabupaten Nduga yang mengakibatkan 12 orang menjadi korban di antaranya 10 meninggal dunia,” terang Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Ahad (17/7/2022). 

Salah satunya dari korban tewas itu adalah seorang pendeta. ”Sedangkan dua orang mengalami luka-luka yang cukup parah," papar juga perwira polisi yang akrab disapa Kamal ini. 

Kamal menyesalkan peristiwa keji tersebut. Dia bahkan menyebut kalau aksi gerombolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dicap pemerintah sebagai teroris itu sangat tidak berprikemanusiaan. 

Karena itu, anggota Polres Nduga yang di back-up Satgas Damai Cartenz dan anggota TNI masih terus mendalami latar belakang dari perbuatan keji KKB tersebut, sekaligus melakukan pengejaran terhadap para pelakunya. 

”Sangat keji, tidak pandang bulu, seorang pendeta yang harusnya kita hargai dan kita hormati harus menjadi korban pembantaian yang dilakukan oleh gerombolan KKB," cetusnya juga. 

Kamal menjelaskan, kegiatan sehari-hari pendeta Eliaser sebagai pelayan gereja di Kampung Yereitma, Distrik Pija, Kabupaten Nduga. Pendeta Eliaser ke Nduga dalam rangka kegiatan konferensi GKI di Wamena pada 26 sampai 28 Juli 2022. 

”Pak pendeta meninggalkan seorang istri dan enam orang anak," katanya juga. Kamal menambahkan saat ini 11 orang korban yang terdiri dari sembilan orang meninggal dunia dan dua orang luka-luka telah dievakuasi ke Kabupaten Mimika. 

Sedangkan jenazah Pendeta Eliaser Baye diserahkan ke keluarganya di Kenyam. ”Jenazah Pendeta Eliaser Baye rencananya akan disemayamkan di Gereja GKI Kenyam," ungkap Kamal juga.

Untuk diketahui, aksi keji teroris KKB di Papua sering menembaki warga sipil. Peristiwa sebelumnya menimpa dua tukang ojek di Kampung Lumbuk, Distrik Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya, Selasa (12/4/2022) sekitar pukul 10.00 WIT, 

Peristiwan lainnya, Muhammad Zaenal, warga Makassar ditembak oleh kelompok KKB di Aula Kantor DPRD Deiyai, Papua, saat dia tengah bermain bulutangkis bersama rekannya, Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 21.34 WIT.

Selain itu anggota Peleton III Kompi Senapan A Batalion PR431/SSP yang bernama prajurit satu (pratu) Anumerta Beryl Kholif Al Rohman gugur dalam insiden penyerangan oleh KKB di Pegunungan Bintan, Papua, Rabu (29/7/2022). (tim redaksi)

#kkb
#kelompokkriminalbersenjata
#pembunuhankeji
#penyeranganwargasipil
#pendetaeliaserbaye  
#kabidhumaspoldapapua
#kombespolahmadmusthofakamal

Tidak ada komentar