Breaking News

Gara-Gara Gletser Pegunungan Alpen Mencair, Batas Negara Italia dan Swiss Bergeser

Tanda pengumuman perbatasan antara Italia dan Swiss di Pegunungan Alpen. Foto: AFP

WELFARE.id-Pemanasan global membuat gletser Theodul di pegunungan Alpen mencair akibat kenaikan suhu. Pencairan gletser ini tidak hanya berpengaruh terhadap iklim, namun juga bagi politik dua negara bertetangga yakni Italia dan Swiss.

Pasalnya, pencairan gletser ini membuat pergeseran perbatasan antara Italia dan Swiss. Pasalnya, daerah aliran sungai, yang menunjukkan titik di mana air lelehan mengalir ke bawah ke arah satu negara atau yang lain, secara historis menentukan perbatasan Swiss-Italia di Pegunungan Alpen.

Rifugio Guide del Cervino, tempat perlindungan bagi pengunjung di sebelah puncak Testa Grigia setinggi 3.480 meter, telah merayap menuju daerah aliran sungai saat gletser telah surut. Sekarang, lokasi itu perlahan-lahan tersapu di bawah struktur.

Sebanyak 40 tempat tidur perlindungan dan meja kayu panjang benar-benar berada di dalam wilayah Italia ketika dibangun pada 1984. Namun, kini sebagian besar kamar pondok, termasuk restoran dan dua pertiga tempat tidurnya, sekarang secara teknis terletak di Swiss bagian selatan.
Negosiasi perbatasan pada tingkat diplomatik dimulai pada 2018. Italia dan Swiss mencapai kesepakatan pada November 2021, tetapi tidak akan dipublikasikan sampai pemerintah Swiss memberikan persetujuannya, yang tidak akan terjadi hingga 2023.

”Kami sepakat untuk membagi perbedaannya,” kata Alain Wicht, kepala perbatasan resmi di badan pemetaan nasional Swiss, Swisstopo.

Dia bertanggung jawab untuk menjaga 7.000 penanda batas sepanjang 1.935 kilometer (km) perbatasan antara Swiss dan Austria, Prancis, Jerman, Italia, dan Liechtenstein.

Antara tahun 1973 dan 2010, Gletser Theodul kehilangan sekitar seperempatnya. Hal itu menyebabkan pembagian drainase berubah. Kedua tetangga itu menggambar ulang perbatasan mereka sepanjang 100 meter karena itu mengekspos batu di bawahnya ke es.

Menurut Wicht, perubahan ini sering terjadi dan biasanya diselesaikan dengan membandingkan pembacaan surveyor dari negara tetangga tanpa melibatkan politik.

Kami memperebutkan tanah yang nilainya kecil. Namun, dia menambahkan bahwa ini "adalah satu-satunya area di mana keduanya memiliki sebuah bangunan yang terlibat sehingga memberikan tanah itu "nilai ekonomi” yang cukup tinggi. (tim redaksi)


#perbatasan
#swiss
#italia
#sengketa
#pemanasanglobal
#gletsermencair
#pegununganalpen
#gunungbersalju

Tidak ada komentar