Breaking News

Edukatif, 5 Wisata Ramah Anak Ini Wajib Dikunjungi

Perpustakaan nasional. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Libur panjang sekolah segera berakhir. Sebagian ada yang sudah kembali ke sekolah pekan ini, sisanya minggu depan.

Nah, buat orang tua yang belum sempat meluangkan waktu mengajak buat hatinya berlibur, tidak ada salahnya menyisihkan waktu di akhir pekan nanti. Tak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar Jakarta, ternyata banyak lho wisata ramah anak.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan tempat wisata di Jakarta sudah sangat siap untuk dikunjungi saat liburan. "Kalau di Jakarta siap sekali, karena mereka sudah menggunakan digitalisasi, sehingga sangat mudah untuk disesuaikan aturan batas pengunjung,” ucap Sandi, belum lama ini. 

Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022), inilah 5 destinasi wisata ramah anak di Jakarta yang cocok dikunjungi keluarga:

1. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan yang satu ini jauh dari kata membosankan. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) merupakan perpustakaan tertinggi di dunia, berlokasi di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Perpusnas menjadi pilihan tepat bagi kamu yang mencari tempat untuk bekerja, belajar, ataupun berlibur sambil belajar. Fasilitas yang disediakan sangat lengkap, mulai dari lantai anak, lantai multimedia, lantai ruang baca anak dan disabilitas, sampai lantai untuk berfoto dengan pemandangan langsung menghadap monumen nasional di lantai 24. Kamu dapat berkunjung pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 09.00 sampai 15.30 WIB.

2. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK yang berlokasi di kawasan Gelora Bung Karno bisa menjadi pilihan untuk bersantai setelah olahraga ataupun menikmati senja di ibu kota dengan pemandangan gedung-gedung Jakarta. Area hijau yang memiliki luas 4 hektar ini memberikan sensasi piknik di tengah kota. 

Kamu dapat membawa peralatan piknik seperti tikar dan makanan sendiri dari rumah. Di area ini juga terdapat danau kecil yang berisi ikan-ikan.

Berada di pusat kota Jakarta, membuat akses menuju Hutan Kota mudah dijangkau. Kamu dapat menggunakan TransJakarta turun di Halte Gelora Bung Karno ataupun menggunakan MRT turun di Stasiun Istora Mandiri. 

Bisa sekalian mengajak buah hati merasakan pengalaman naik MRT keliling kota. Jam kunjungan di sini terbagi menjadi 2 sesi, yaitu pukul 06.00 sampai 10.00 WIB dan 15.00 sampai 18.00 WIB. Tentu saja, sore hari menjadi pilihan terbaik untuk berkunjung.

3. Taman Menteng

Jika kamu mencari taman asri dan tenang, Taman Menteng bisa menjadi pilihan tepat. Taman yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat ini memiliki fasilitas taman bermain anak, sarana olahraga, area parkir yang luas, musala, hingga tersedia akses wifi gratis. 

Adapun salah satu spot menarik di sini, yaitu rumah kaca yang instagramable. Di Taman Menteng juga terdapat rak buku publik sehingga pengunjung bisa bersantai sambil membaca dengan bebas. 

Kamu juga dapat meminjam buku untuk dibawa pulang dan dapat dikembalikan kapan saja. Bagi yang ingin wisata kuliner, jangan khawatir, karena di sekitar area taman terdapat banyak pilihan makanan kaki lima yang bisa Anda nikmati.

4. Taman Suropati

Taman Suropati terletak di Jalan Taman Suropati No.5, Menteng, Jakarta Pusat, dibangun sejak masa penjajahan Belanda, yaitu tahun 1920. Di sini pengunjung bisa berwisata sambil belajar sejarah.

Di taman ini terdapat patung-patung seni yang berasal dari sumbangan 6 seniman negara ASEAN, yaitu Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, dan Malaysia, yang lebih dikenal sebagai Taman Persahabatan Seniman ASEAN.

Di Taman Suropati juga sering digunakan sebagai tempat berkumpul komunitas, salah satunya komunitas musik yang bernama Suropati Chambers. Suropati Chambers merupakan komunitas gitar dan biola yang biasa latihan pada hari Minggu pukul 10.30 sampai 14.00 WIB. (tim redaksi)

#wisatajakarta
#destinasiwisata
#wisataramahanak
#liburpanjang
#liburankeluarga

Tidak ada komentar