Breaking News

Dukung Spontanitas CFW, Ketum PB KAMI: Kreativitas Anak Muda Harus Didukung Bukan Diintimidasi

Ketua Umum PB KAMI Sultoni. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Fenomena Citayam Fashion Week (CFW) memang fenomenal. Terlepas dari pro kontra di masyarakat, tempat nongkrong di Dukuh Atas yang dipenuhi anak-anak muda "Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok (SCBD)" itu viral.

Spontanitas anak "SCBD" menciptakan tren CFW dengan baju warna-warni dan style kekinian itu bahkan sempat diliput media Jepang dan disandingkan dengan fenomena "Harajuku" di Jepang. Melihat fenomena CFW tersebut, Ketua Umum Pengurus Besar Komunitas Aktivis Muda Indonesia (PB KAMI) Sultoni melihat hal itu sebagai bentuk kreativitas anak muda yang harus didukung.

Ia melihat, kegiatan anak muda "SCBD" itu harus diberi dukungan, bukan malah mengintimidasi mereka. "Itu kan hanya sekumpulan anak muda yang ingin menyalurkan kreativitasnya, yang artinya itu adalah bagian dari seni. Tentunya harus kita dukung bersama," ajaknya, Jumat (29/7/2022).

Ia bahkan menilai, pembubaran yang dilakukan oleh Satpol PP dan aparat Polri terkesan berlebihan. Sebab menurut dia, anak-anak muda seperti Bonge, Roy, dan Jeje beserta temannya merupakan aset generasi bangsa yang harus dibina secara persuasif, bukan dengan cara intimidatif. 

"Saya pribadi paham betul, bahwa aksi Citayam Fashion Week Bonge dkk ini, adalah bentuk pelampiasan yang positif pasca negara kita dilanda selama dua tahun akibat virus COVID-19. Jadi, kesenian apapun bentuknya, selama itu masih positif, ya mesti didukung bukannya diintimidasi," tegasnya.

Sultoni juga menambahkan, jika ada aktivitas yang bertentangan dengan syariat agama atau aturan negara maka semestinya diluruskan oleh tokoh agama dan Pemerintah bukan malah diviralkan di sosial media, sehingga tidak terkesan arogan dan apatis dengan hal tersebut. 

"Mereka (pemuda citayam) itukan adik dan anak-anak kita, jadi sudah sepatutnya kita berikan nasehat, jika ada peragaan yang bertentangan dengan agama dan aturan negara. Bukan malah dibuat berita dan viral, itu terkesan kita seperti merudung (membully) mereka," katanya bijak.

Ia malahan terang-terangan mendukung niat baik Baim Wong dan Paula yang awalnya ingin membuat wadah bagi anak muda citayam itu. "Karena, selain bisa membuat pemuda Citayam lebih kreatif, dengan ada wadah itu Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) mereka juga berlisensi, sehingga terlihat elegan. Masak iya, kita mau biarkan generasi bangsa ini malah terjerumus ke hal yang negatif seperti begal, narkoba, miras, dan lainnya. Pastinya kan tidak," tuntasnya. (tim redaksi)

#citayamfashionweek
#cfw
#sudirmancitayambojonggededepok
#scbd
#ketumpbkamisultoni
#komunitasaktivismudaindonesia
#pbkami
#kreativitasanakmuda

Tidak ada komentar