Breaking News

Dua Hari Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi di Palangka Raya Tembus Rp170 Ribu/Kg

Satgas Pangan Pemprov Kalteng saat memantau harga daging sapi Pasar Besar Palangka Raya, Kalteng, Jumat (8/7/2022). Foto : Istimewa

WELFARE.id-Dua hari jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 2022, harga daging sapi di Pasar Besar, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengalami kenaikan sangat signifikan.

Harga daging sapi tembus Rp170.000. Padahal harga normalnya, Rp100.000-Rp140.000/kg. Melonjaknya harga daging sapi itu disebabkan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak berkuku belah yang akhir-akhir ini meresahkan para peternak.

Selain itu, faktor pasokan yang terbatas dan distribusi yang terhambat seperti masalah administrasi juga mempengaruhi melambungnya harga daging sapi di pasaran saat ini.

Asisten Daerah (Asda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kaliteng Leonard S Ampung,yang melakukan pemantauan harga di pasaran menjelaskan pihaknya berupaya untuk menjaga kestabilan harga dan stok.

”Untuk masalah administrasi dicoba untuk melakukan komunikasi kembali dengan Dinas TPHP provinsi bagaimana agar bisa dipercepat," kata Leo S Ampung, Jumat (8/7/2022).

Dia juga mengatakan pihaknya menjaga dan melindungi Kalteng dari penyebaran yang masif terhadap wabah PMK. ”Itu yang kita buat regulasi yang harus disiapkan oleh pemasok dari luar ke Kalteng,” ujarnya juga. 

Untuk mengatasi permasalahan kenaikan harga jelang Hari Raya Idul Adha 2022 itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Ketahanan Pangan, menggelar pangan murah dan Pasar Penyeimbang dari Dinas Perdagangan Perindustrian setempat.

Selain itu, melalui instansi terkait pihaknya terus berupaya untuk mengembangkan kemandirian pangan, setidaknya bisa untuk memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari di daerah tersebut.

Dengan adanya Pasar penyeimbang, Leo S Ampung berharap, hal itu membantu masyarakat untuk memperoleh ketersedian pangan dan dengan harga yang wajar yang bisa dibeli oleh masyarakat. (tim redaksi)


#pangan
#dagingsapi
#hargamelonjak
#palangkaraya
#kalimantantengah
#kalteng

Tidak ada komentar