Breaking News

Doyan Makanan Pedas? Coba Ayam Bakar Taliwang Asli Lombok ini Yuk!

Ayam bakar Taliwang. Foto: Ist

WELFARE.id-Indonesia memiliki ragam kuliner menggiurkan. Mulai dari manis, gurih hingga pedas tersedia. Nah, bicara soal makanan pedas, kuliner khas pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Ayam Bakar Taliwang menjadi yang paling digemari masyarakat Indonesia, terutama warga Jakarta. 

Identik dengan cita rasa pedas nan gurih, Ayam Bakar Taliwang sanggup menggoyang lidah para penikmat pedas. Melihat besarnya antusiasme, warga DKI Jakarta yang penyuka pedas, mendorong lahirnya rumah makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu.  

Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu sendiri berdiri pada tanggal 13 Februari 2021 dengan lokasi awal di GYM Andalas Resto yang beralamat di Jl. Dr. Saharjo, Manggarai Selatan, Jakarta Selatan. Kini Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu pindah lokasi di Jl. Sawo Kecik Raya No.9, RW.5, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. 

“Setelah pensiun kerja, saya memutuskan untuk membuka usaha Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu karena saya asli Lombok, NTB dan kebetulan hobi masak. Nama Taliwang sendiri saya ambil dari nama kelurahan Karang Taliwang di kota Mataram, Lombok Barat, NTB. Ada juga nama Taliwang yang diambil dari nama kecamatan Taliwang, di pulau Sumbawa Barat, NTB. Sebelumnya, lokasi Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu, kemudian baru di tahun 2022 ini,” ujar Bang Tangu, Pemilik Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu. 

Lebih lanjut, Bang Tangu menambahkan, semua menu yang disajikan di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu ini asli khas Lombok, namun sudah disesuaikan dengan selera warga Jakarta. 

Adapun menu makanan khas Lombok yang disajikan di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu ini diantaranya, Ayam Bakar Taliwang, Ikan Bakar Nila Taliwang, Ikan Bakar Nila Taliwang, Ikan Bakar Gurame Taliwang, Udang Bakar Taliwang, Pelecing Kangkung, Beberuk Terung, Sop Bebalung Sapi, Lontong Pelalah Ayam, Ayam Bakar Pelecing, Nasi Campur Kaput, Iga Bakar Senggigi dan banyak lagi. 

Untuk Ayam Bakar Taliwang ada dua pilihan yaitu per ekor dan per potong. Selain masakan Lombok, ada menu lain yang disajikan Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu seperti nasi putih, kwetiau goreng dan pangsit goreng. “Kalau aslinya di Lombok, masakan khas Lombok termasuk Ayam Bakar Taliwang itu pedas banget. Tapi kalau masakan di Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Bang Tangu ini, udah kami sesuaikan level pedasnya dengan warga Jakarta yang tidak terlalu suka pedas. Jadi bisa direquest levelnya pedas atau tidak,” tutur pria yang bernama asli Sudirman ini. 

Untuk bahan masakan, Bang Tangu menjamin semuanya masih fresh dan beberapa bahan masakan dikirim langsung dari Lombok seperti terasi, cabe kering dan lainnya. “Beberapa bahan makanan langsung dari Lombok dan menu khas Lombok asli, yang membedakan rumah makan kami dengan rumah makan Taliwang lainnya. Harga yang kami tawarkan juga tawarkan sangat terjangkau baik di online maupun offline. Misalnya untuk harga ayam taliwang per ekor mulai dari Rp16 ribu per ekor untuk offline. Sedangkan untuk online, harganya mulai dari Rp21 ribu,” jelas Bang Tangu. (tim redaksi) 

#kuliner
#makanmakan
#olahanayam
#ayambakartaliwang
#ayambakartaliwangbangtangu

Tidak ada komentar