Breaking News

Dituding Jalankan Skema Ponzi, CEO Binance Gugat Bloomberg

CEO Binance Changpeng Zhao. Foto: AFP

WELFARE.id-Merasa nama baiknya dicemarkan, CEO Binance Changpeng Zhao menggugat Bloomberg 
Businessweek Modern Media Company Limited Hong Kong. Modern Media merupakan entitas independen yang melisensikan konten Bloomberg.

Melansir Cointelegraph, Jumat (29/7/2022), gugatan tersebut berisi klaim pencemaran nama baik pada sebuah artikel di media tersebut yang menuduh bos Binance itu menjalankan skema ponzi kripto dalam bisnisnya selama ini.

Bloomberg Businessweek menerbitkan artikel berjudul 'Skema Ponzi Zhao Changpeng' yang tayang pada 23 Juni 2022 lalu. Artikel itu merupakan saduran dari artikel Bloomberg berjudul 'Dapatkah Orang Terkaya Kripto Tahan Dingin?'.

Dokumen pengarsipan gugatan mengklaim perusahaan publikasi itu menerbitkan laporan yang berisi pernyataan palsu, jahat, serta memfitnah Zhao dan perusahaannya, Binance Holdings Ltd.

"Sementara sebagian besar jurnalis di Bloomberg baik, tetapi kali ini buruk. Bertanggung jawablah atas tindakan Anda," ungkap Zhao mengomentari artikel tersebut.

Selain itu, Zhao yang juga dikenal oleh komunitas kripto sebagai 'CZ' ini pun menggugat Modern Media karena menggunakan judul referensi ponzi di akun media sosial Bloomberg Businessweek edisi Tiongkok (China, Red) untuk mempromosikan artikel tersebut.

Artikel jurnalistik berbahasa Mandarin itu juga didistribusikan di media cetak sekitar Hong Kong yang terbit pada 7 Juli 2022. Adapun pengajuan gugatan itu merupakan gugatan pribadi dan tidak ada hubungannya dengan perusahaan. 

Zhao pun meminta pengadilan melarang publikasi artikel tersebut untuk tidak pernah menerbitkan ulang pernyataan yang diduga memfitnah di Hong Kong. Ia juga meminta artikel tersebut dihapus.

Menurut dokumen pengadilan, Bloomberg Businessweek telah memenuhi sebagian tuntutan Zhao, bahkan sebelum gugatan diajukan. Publikasi itu telah mengubah judul artikel menjadi 'Zhao Changpeng yang Misterius'.

Selain itu, unggahan media sosial yang memfitnah juga telah dihapus dan salinan fisik dari artikel yang diterjemahkan telah ditarik kembali di Hong Kong.

Ini bukan pertama kalinya Zhao dan Binance menggugat media. Pada 2020 lalu, Binance Holdings Ltd menggugat Forbes Media LLC atas pencemaran nama baik. Namun, diam-diam Zhao membatalkan kasus tersebut pada tahun berikutnya. (tim redaksi)


#krypto
#skemaponzi
#binanceholdingsltd
#ceobinance 
#changpengzhao
#menggugat
#bloombergbusinessweek
#modernmedia

Tidak ada komentar