Breaking News

Diduga Rugikan Negara Rp2 Triliun dalam Transaksi Pengadaan LNG, KPK Periksa Eks Dirut Pertamina dan PLN

Gedung KPK Jakarta. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah memeriksa dua orang mantan Direktur Utama (Dirut) di dua perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Mereka diperiksa terkait proses transaksi jual beli dalam pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) di PT Pertamina tahun 2011-2021.

Kedua pejabat BUMN itu adalah Dwi Soetjipto selaku Dirut di PT Pertamina tahun 2014-2017 dan Nur Pamudji selaku Dirut PT PLN tahun 2011-2014. Mereka menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (30/6/2022).

"Para saksi hadir dan dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses transaksi jual beli dalam pengadaan LNG di PT PTMN (Pertamina) tahun 2011-2021," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Jurubicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri kepada wartawan, dikutip Sabtu (2/7/2022). 

Tim penyidik juga memeriksa dua orang saksi lainnya, yaitu Evita Herawati Legowo selaku Dewan Komisaris PT Pertamina tahun 2010-2013 dan Anny Ratnawati selaku dosen IPB.

Sekadar informasi, KPK mulai meningkatkan status penanganan perkara dugaan korupsi pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) di PT Pertamina (PTPM) Persero tahun 2011-2021 dari tahap penyelidikan ke penyidikan. 

KPK berjanji akan menginformasikan secara detail nama-nama para tersangka serta konstruksi perkara ini setelah adanya proses penangkapan dan penahanan. KPK menyatakan bakal transparan dalam proses penyidikan perkara ini

Namun, pihaknya masih enggan membeberkan identitas tersangka, kronologi perkara, hingga pasal yang disangkakan. Hal itu baru diungkapkan KPK setelah dilakukan upaya paksa penahanan atau penangkapan kepada pihak-pihak yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara ini.

Kasus ini sebelumnya sempat ditangani oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Akan tetapi, KPK dan Kejagung sepakat kasus dugaan korupsi pembelian LNG di PT Pertamina ditangani oleh KPK. Kasus dugaan korupsi pembelian LNG di PT Pertamina ini diduga merugikan keuangan negara senilai Rp2 triliun. (tim redaksi)

#kpk
#limpahankasusdarikejagung
#kasusdugaankorupsipembelianlngdipertamina
#pemeriksaansaksi
#eksdirutpertamina
#eksdirutpln
#transaksipengadaanlng
#kasusdugaantipikor

Tidak ada komentar