Breaking News

Dibuka Wapres Ma'ruf Amin, Asean Paragames Resmi Digelar

Wapres Ma'ruf Amin membuka Asean Paragame di Stadion Manahan Solo (ist) 

WELFARE.id-Pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia Tenggara, ASEAN Para Games 2022 resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (30/7/2022) malam WIB. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan sejumlah artis hiburan Tanah Air menampilkan lakon komedi di sesi awal upacara pembukaan. 

Upacara pembukaan diawali dengan opening video dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, artis hiburan Tanah Air Dodit Mulyanto tampil membawa sebuah biola. Dodit terlihat berbincang dengan Ganjar Pranowo, berdiskusi sebelum penampilan Endah Laras yang menyanyikan lagu Bengawan Solo. 

Dalam diskusi tersebut, tak jarang Dodit dan Ganjar bertukar gurauan yang mengundang gelak tawa dari penonton. Dengan gendang yang berkalung di badannya, Ganjar kemudian menghibur penonton. 

Setelah puas bertukar gurauan, lagu Bengawan Solo kemudian mulai dinyanyikan oleh Endah Laras. Penyanyi berusia 45 tahun itu membawakan lagu Bengawan Solo bersama dengan Ardha Krisna. 

Upacara pembukaan dilanjutkan dengan sesi pertunjukkan Wayang Sandosa. Pertunjukkan wayang ini menggambarkan menggabungkan unsur tradisional dan modern yang ditampilkan dengan ciamik. 

Sang Dalang terlihat khidmat memainkan wayangnya di tengah panggung upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022. Para penonton pun terkesima menyaksikan penampilan Wayang Sandosa. 

Di tengah-tengah pertunjukkan Wayang Sandosa, ada pesan tersirat tentang kesetaraan kemudian diakhiri dengan Budhalan serta penampilan EkosDance Company. Mereka menutup pertunjukkan wayang tersebut dengan sangat apik. 

Peresmian sendiri dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Ia mengatakan, ASEAN Para Games 2022 merupakan ajang istimewa yang bisa menjadi inspirasi menggaungkan kesetaraan. “Para games adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi kita semua akan makna tentang kesetaraan,” katanya. 

Wapres pun mengungkapkan kebanggaannya hadir untuk membuka ajang yang diikuti oleh 11 kontingen negara-negara di Asia Tenggara ini. “Setelah sempat tertunda karena pandemi COVID-19, malam ini, saya sangat gembira karena dapat hadir di Stadion Manahan, Surakarta untuk membuka acara yang istimewa ini,” ungkap Wapres. 

Wapres juga mengatakan jika ASEAN Para games merupakan sesuatu yang istimewa karena atlet para games adalah atlet-atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya. 

Para games juga istimewa karena atlet-atlet para games membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi,” tegasnya. 

“Saya ucapkan selamat datang di Indonesia, khususnya di Kota Surakarta, kepada para atlet kebanggaan yang mewakili sebelas negara dari kawasan Asia Tenggara,” pungkasnya. (tim redaksi

#aseanparagames
#aseanparagames2022
#pembukaanaseanparagames
#openingceremonyaseanparagames
#stadionmanahan
#solo
#surakarta
#wapres
#marufamin

Tidak ada komentar