Breaking News

Tujuh Kebiasaan Makan Sehat yang Bisa Mengubah Hidup

Ilustrasi makanan sehat untuk tubuh yang lebih sehat. Foto: iStock

WELFARE.id-Ingin sehat! Tapi sebagian besar dari Anda hanya mempertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi ketika berpikir tentang makan sehat. Anda sering mengabaikan fakta bahwa mengembangkan kebiasaan makan yang sehat adalah komponen kunci dari pola makan yang baik.  

Dilansir dari pinkvilla pada Minggu (3/7/2022), jadi diperlukan mengubah beberapa rutinitas harian untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan padat yang nutrisi sehat untuk tubuh. 

Mengembangkan kebiasaan ini dapat membantu Anda mencapai tujuan dan merasa lebih percaya diri tentang kebiasaan makan Anda.

Berikut 7 kebiasaan makan sehat yang bisa mengubah hidup Anda jadi lebih sehat:

1. Makan Secukupnya

Makan sewajarnya. Sangat penting untuk memberi diri Anda kebebasan untuk mengkonsumsi apapun yang Anda inginkan dalam jumlah yang tidak berlebihan.

2. Kontrol Porsi 

Ukuran porsi mendorong moderasi dalam makan dan mencegah makan berlebihan. Kalori ekstra yang Anda konsumsi dari jumlah yang lebih besar akan menipu Anda untuk makan lebih banyak. Gunakan piring yang lebih kecil. Anda dapat sangat meningkatkan kontrol porsi makanan Anda. 

Piring yang lebih kecil dapat menipu otak Anda untuk percaya bahwa Anda makan lebih banyak, menurut penelitian, yang dapat membantu Anda menghindari makan berlebihan. Memanfaatkan ukuran porsi yang tepat dengan mengukur nutrisi dan kalori yang Anda konsumsi.
 
3. Makan saat Lapar 

Meskipun Anda mungkin tidak langsung merasa kenyang, tapi tidak boleh terus makan sampai Anda merasa tidak nyaman. Jangan makan karena bosan. Sebaliknya, makanlah saat Anda lapar. Makan tanpa sadar saat Anda tidak lapar menghasilkan asupan kalori yang terlalu tinggi dari makanan padat nutrisi yang lebih sedikit.

4. Jangan Melewatkan Makan

Melewatkan waktu makan menurunkan metabolisme Anda dan bahkan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Kadar gula darah Anda juga menurun sebagai akibat. Makan pagi setiap hari. 

Metabolisme Anda akan mendapat manfaat besar dari makan pagi yang baik pada jam yang masuk akal dan Anda akan merasa kurang lapar sepanjang hari. Sediakan camilan sehat di kantor. Dengan menyimpan kacang, kue beras, keripik sayuran, atau makanan ringan sehat lainnya di meja Anda, Anda selalu siap untuk lapar di tempat kerja.

5. Pahami yang Anda Makan 

Periksa bahan makanan yang akan Anda santap. Tujuannya, untuk mengetahui berapa banyak nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan yang disantap sangat penting untuk kebiasaan makan yang sehat. Selalu periksa kadar gula, natrium, lemak jenuh, dan lemak trans. Lihat daftar bahannya sebelum disantap.
  
6. Minum Air Putih

Jadikan air minum sebagai rutinitas. Ada manfaat luar biasa dari air putih untuk kesehatan dan nutrisi Anda. Gunakan air sebagai pengganti soda dan minuman manis. Minuman dengan tambahan gula dan soda adalah sumber kalori kosong yang sangat besar.
Selalu bawa air putih bersama Anda. Pastikan air putih selalu tersedia sehingga Anda dapat dengan mudah mengonsumsi jumlah air yang dibutuhkan setiap hari.
 
7. Masak Makanan di Rumah

Anda selalu tahu apa yang ada dalam makanan yang Anda buat sendiri. Selain itu, mengontrol ukuran porsi Anda lebih mudah saat Anda memasak di rumah. Untuk membuat makanan yang Anda konsumsi lebih sehat, Anda dapat memilih buah dan sayuran segar atau organik, biji-bijian dan bahkan membuat saus Anda sendiri. Rutinitas memasak makanan Anda di rumah sangat menyehatkan. (tim redaksi)

#makanansehat
#tubuhsehat
#makananbergizi
#kontrolporsi
#kandungangizi
#sehatitumahal
#masaksendiri

Tidak ada komentar