Breaking News

Dampak Serangan Drone Ukraina, Perayaan Angkatan Laut Rusia di Krimea Dibatalkan

Sejumlah kapal perang Armada Laut Hitam Rusia bersandar di Pelabuhan Sevastopol, Krimea, pada 23 Juli 2021. Foto: Reuters

WELFARE.id-Pemerintah Rusia membatalkan rencana perayaan hari angkatan lautnya yang bakal digelar di Pelabuhan Sevastopol, Krimea. Itu terjadi karena adanya serangan pesawat nirawak (drone) milik pasukan Ukraina.

Serangan yang menyerang markas Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia itu melukai sedikitnya lima orang. ”Sebuah benda tak dikenal terbang ke halaman markas armada. Menurut informasi awal, itu adalah drone,” terang Gubernur Sevastopol, Mikhail Raszvozhayev lewat saluran Telegram, Minggu (31/7/2022).

Raszvozhayev juga mengungkapkan, lima staf di markas armada terluka akibat insiden tersebut. Menurutnya, Ukraina telah memutuskan untuk merusak Hari Angkatan Laut Rusia. ”Semua perayaan dibatalkan karena alasan keamanan. Tolong tetap tenang dan tinggal di rumah jika memungkinkan,” ucapnya juga. 

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Ukraina belum merilis pernyataan tentang serangan drone di Markas Armada Laut Hitam Rusia tersebut. Untuk diketahui, Pelabuhan Sevastopol adalah rumah bagi armada Laut Hitam Rusia. 

Hari Angkatan Laut adalah hari libur tahunan Rusia. Moskow biasanya menggelar parade dengan mengerahkan armada lautnya dan menghormati para pelautnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin diagendakan menghadiri perayaan Hari Angkatan Laut Rusia di kota kelahirannya, yakni di St Petersburg. Dia disebut akan menyetujui doktrin angkatan laut negaranya saat Rusia melanjutkan agresi militernya ke Ukraina.

Hingga saat ini Rusia masih menggencarkan serangan ke Ukraina. Selain memobilisasi pasukan ke wilayah timur Ukraina, Moskow juga terus melancarkan serangan ke kota-kota lain pada negara tetangganya itu, salah satunya Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina. (tim redaksi)

#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#serangandrone
#hariangkatanlautrusia
#markasarmadalauthitam
#pelabuhansevastopol

Tidak ada komentar