Breaking News

Dampak Erupsi Gunung Raung, Dua Desa di Jember Dilanda Hujan Abu Vulkanik

Gunung Raung erupsi. Foto: Istimewa 

WELFARE.id-Abu vulkanik melanda dua desa di dua kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dampak erupsi Gunung Raung, Rabu sore (27/7/2022). Tebaran abu vulkanik itu berup hujan abu tipis.

"Kami mendapat laporan bahwa di dua desa di dua kecamatan yakni Kecamatan Ledokombo dan Sumberjambe diguyur hujan abu vulkanik," terang Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo, Kamis (28/7/2022).

Dia juga menjelaskan hujan abu vulkanik dampak erupsi Gunung Raung berbentuk hujan debu turun tipis di Desa Gunungmalang, Kecamatan Sumberjambe dan Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, namun tidak berlangsung lama.

"Hujan abu vulkanik yang mengguyur dua desa di dua kecamatan itu berdasarkan arah angin yang membawa material erupsi Gunung Raung, namun hari ini sudah tidak ada lagi," ujarnya juga.

Ia juga menjelaskan hujan abu yang turun ke Jember tidak terlalu signifikan karena arah angin mudah berubah. Namun, pihaknya mengimbau warga tetap mewaspadai kemungkinan erupsi susulan yang terjadi di Gunung Raung tersebut.

Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa status Gunung Raung hingga Kamis tercatat masih normal atau level 1, sehingga belum ada peningkatan status gunung api tersebut," katanya.

Karena itu, Heru mengimbau warga menggunakan masker apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi Gunung Raung susulan karena abu vulkanik dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Untuk diketahui,  Gunung Raung yang merupakan gunung api aktif dengan ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut atau mdpl erupsi pada Rabu (27/7/2022), pukul 17.19 hingga 17.28 WIB sebanyak empat kali letusan dengan ketinggian mencapai 1.500 meter.

Data petugas Pos Pengamatan Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, aktivitas Gunung Raung pada Rabu (27/7/2022), periode pukul 00.00-24.00 WIB terpantau secara visual gunung api jelas dan tertutup kabut, kemudian asap kawah tidak teramati.

Aktivitas kegempaan tercatat letusan sebanyak empat kali dengan amplitudo 24-32 mm selama 71-173 detik, embusan sebanyak tujuh kali dengan amplitudo 2-11 mm selama 19-57 detik, gempa tektonik jauh sebanyak delapan kali dengan amplitudo 3-28 mm selama 19-47 detik, dan tremor menerus dengan amplitudo dominan 0,5 mm. (tim redaksi)

#gunungraung
#gunungapi
#erupsi
#banyuwangi
#jember
#hujandebu
#duakecamatan
#provinsijawatimur

Tidak ada komentar