Breaking News

Dampak Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Makassar-Ambon Gagal Mendarat di Bandara Pattimura

Ilustrasi pesawat Lion Air mengudara ke angkasa dari Bandara Soekarno-Hatta. Foto: net

WELFARE.id-Akibat cuaca buruk, pesawat maskapai Lion Air rute Makassar-Ambon batal mendarat di Bandara Pattimura Ambon, Provinsi Maluku, Senin (11/7/2022) siang .

PT Angkasa Pura (AP) I sebagai otoritas penerbangan Bandara Pattimura Ambon mengatakan bahwa pesawat tersebut batal mendarat dan kembali ke asal (return to base/RTB) akibat cuaca buruk di ibu kota Provinsi Maluku tersebut. 

"Pesawat Lion Air JT886 dari Makassar tujuan Ambon telah RTB pada pukul 13.15 WIT, artinya kembali ke Makassar karena cuaca buruk," ujar Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Pattimura, Aditya Narendra, Senin (11/7/2022).

Pesawat Lion Air tersebut seharusnya mendarat di Bandara Pattimura pada 13.40 WIT. Namun, pilot memutuskan balik arah dan kembali ke Makassar karena pertimbangan keselamatan usai berkomunikasi dengan AirNav Bandara Pattimura. 

Untuk diketahui, hujan deras memang terus mengguyur Kota Ambon sejak Senin (11/7/2022) dini hari hingga siang hari. "Keputusan itu diambil oleh pilot setelah berkomunikasi dengan pihak AirNav Bandara Pattimura," ujarnya juga.

Dampaknya, penumpang yang seharusnya akan diangkut dengan pesawat tersebut dari Bandara Pattimura masih harus menunggu tanpa kepastian.

Aditya juga menjelaskan untuk keselamatan penerbangan di Bandara Pattimura ditetapkan kalau batas minimal jarak pandang yang aman untuk penerbangan adalah minimal 5.000 meter. ”Apabila di bawah itu maka kondisi jarak pandang berisiko untuk penerbangan," paparnya juga. 

Aditya juga mengatakan cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai dengan angin kencang juga sempat mengganggu penerbangan di Bandara Pattimura dan paling parah terjadi pada Jumat (8/7) pekan lalu. 

Cuaca ekstrem saat itu membuat delapan penerbangan yang seharusnya mendarat di Bandara Pattimura itu terpaksa dibatalkan.

Akibatnya, ratusan penumpang yang seharusnya dilayani oleh delapan penerbangan pada hari itu dari Bandara Pattimura terpaksa pulang dan baru bisa berangkat pada keesokan harinya atau Sabtu (9/7/2022).

Untuk diketahui, selama ini ada 38 penerbangan dari dan menuju Bandara Pattimura setiap harinya. Puluhan penerbangan itu didominasi penerbangan komersil dan sisanya penerbangan carter dan penerbangan perintis. (tim redaksi)


#cuacaburuk
#cuacaekstrem
#bandarapattimura
#kotaambon
#provinsimaluku
#maskapailionair 
#rutemakassar-ambon

Tidak ada komentar