Breaking News

Cuaca Panas, 65 Jemaah Dibawa ke Pos Kesehatan di Mina

Tim kesehatan Indonesia (dok kemenag) 

WELFARE.id-Cuaca panas membuat beberapa jemaah haji kelelahan. Pada Sabtu (9/7/2022), jemaah haji berada di Mina untuk melaksanakan prosesi lempar jumrah. Selain itu, banyak jemaah yang tersesat dan kelelahan di sepanjang jalur jumrah. 

"Total jemaah yang dibawa ke Pos Kesehatan Mina ada 65 orang. Kasus terbanyak terkait penyakit jantung, dehidrasi dan fatiq/kelelahan," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Budi Sylvana di Kantor KKHI Mekkah, dikutip Minggu (10/7/2022). 

Dia mengatakan, ada tiga jemaah yang harus dirujuk ke rumah sakit milik pemerintah Arab Saudi. Berdasarkan laporan dari Tim Visitasi kesehatan yang diturunkan untuk mengecek ke rumah sakit, ada 33 pasien yang masuk rumah sakit di Mina dan 3 orang meninggal. 

Budi mengatakan, ambulans tidak bisa memasuki lintasan jumaroh sehingga tim kesehatan terpaksa didorong untuk melakukan sweeping di lapangan. "Walaupun jumlahnya masih kurang untuk menghandle banyaknya jemaah yang sudah tidak mampu lagi melakukan aktivitas," katanya. 

Selama di Mina, selain menginap, jemaah melaksanakan lontar jumrah, ula, wustha, dan aqabah. "Mina termasuk fase padat dalam proses penyelenggaraan ibadah haji. Saya minta seluruh petugas untuk siaga di pos masing-masing demi melayani jemaah," tegas Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief. 

"Fase ini akan berlangsung hingga 13 Zulhijah. Sehingga petugas harus tetap konsentrasi dan siaga membantu jemaah," sambungnya. 

Kesiagaan petugas, kata Hilman, sangat penting. Sebab, tidak jarang jemaah pada fase ini kelelahan saat perjalanan ke jamarat. Selain itu, ada saja jemaah yang membutuhkan bimbingan saat lontar jumrah. 

"Jadi kesiagaan mengawal  yang sakit dan kelelahan di jalan perlu diperkuat," pesan Hilman. "Kursi roda juga harus disiagakan di pertengahan  jalur jalan kaki, jalur ke arah jamarat, khususnya sebelum dan sesudah terowongan," tandasnya. 

Hilman menambahkan, proses penempatan petugas di pos-pos strategis akan dilakukan secara terpola dengan rasio yang proporsional. Dengan begitu, penempatan petugas lebih merata. (tim redaksi

#haji
#musimhaji
#iduladha
#lemparjumrah
#hajiindonesia
#kemenag

Tidak ada komentar