Breaking News

Cegah Terpapar Virus Corona, Empat Juta Nakes Dapat Booster Kedua

Seorang petugas nakes mendapatkan vaksin booster untuk mencegah terpapar virus Corona. Foto: istimewa

WELFARE.id-Melonjaknya kembali penularan virus Corona varian Omicron dan didominasi subvariant BA.5 membuat pemerintah melakukan langkah strategis memberlakukan pemberian booster kedua atau vaksin keempat bagi tenaga kesehatan (nakes).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal memulai program vaksinasi virus COVID-19 dosis keempat untuk para nakes di Tanah Air pada Jumat (29/7/2022) besok. Pelaksanaan booster kedua bagi nakes dilaksanakan serentak di fasilitas kesehatan masing-masing daerah.

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan yang diteken Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, Kamis (28/7).

Ia mengatakan Kemenkes mempertimbangkan pemberian booster kedua karena semakin banyaknya  petugas nakes yang terpapar Covid-19 belakangan ini terutama subvariant baru.

Dia juga mengatakan kalau Kemenkes sudah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) untuk pemberian booster kedua ini sehingga dipastikan keamanannya.

Pertimbangan lain pemerintah memberikan vaksinasi dosis keempat pada nakes, karena mereka sudah mulai mendapat vaksinasi dosis ketiga sejak akhir Juli 2021 atau nyaris satu tahu lalu. Untuk booster kedua ini, jumlah nakes yang akan divaksin mencapai 4 juta orang. 

Sementara hasil penelitian mengungkapkan imunitas dari vaksin yang didapatkan dari seseorang bisa menurun dalam rentang waktu 6-8 bulan pasca pemberian vaksin COVID-19. ”Jadi kami pastikan booster kedua bagi nakes aman,” tandasnya. (tim redaksi)


#vaksinasi
#covid19
#boosterkedua
#vaksinkeempat
#kemenkes
#tenagakesehatan
#terpaparviruscorona

Tidak ada komentar