Breaking News

Buruan Daftar! LPDP Buka Kesempatan Dapat Beasiswa Tahap 2

Logo LPDP. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Buat kamu yang mau melanjutkan pendidikan tapi kesulitan dalam pembiayaan, bisa cek informasi berikut ini. Pasalnya, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sudah membuka pendaftaran penerimaan beasiswa tahap II. 

Pendaftaran dimulai sejak 4 Juli sampai 5 Agustus 2022 mendatang. Beasiswa pendidikan LPDP tahun ini diperuntukkan untuk S2 maupun S3 di dalam dan luar negeri. 

Selanjutnya, beasiswa S1 khusus pendidik vokasi hingga beasiswa S2 maupun S3 khusus guru dan tenaga kependidikan di dalam dan luar negeri. Pada tahap dua ini, LPDP juga membuka beasiswa khusus untuk calon dokter spesialis. 

Khusus untuk beasiswa dokter spesialis ini, pendaftar hanya bisa memilih perguruan tinggi di dalam negeri. Senior Analyst and PR Strategist LPDP, Berliana Abidah, mengatakan pendaftar akan menghadapi tiga tes atau seleksi untuk mendapatkan beasiswa LPDP.

Seleksi pertama ialah administrasi. Pada tahap ini pendaftar diharuskan membuat akun pada situs pendaftaran beasiswa LPDP. 

Setelah membuat akun, pendaftar dapat membaca booklet panduan sesuai jenis program beasiswa yang ingin didaftar. "Masing-masing program yang ditawarkan beasiswa LPDP memiliki persyaratan yang berbeda-beda. 

Jadi, kelengkapan dokumen itu perlu diperhatikan seperti surat rekomendasi dan sertifikat kemampuan bahasa," papar Berliana, dikutip dari Instagram @beasiswaosc, Sabtu (9/7/2022).

Setelah itu, pendaftar harus mengunggah semua dokumen pada laman pendaftaran online. Sebelum klik submit, pastikan dokumen-dokumen tersebut sudah sesuai dengan ketentuan jenis beasiswa LPDP yang didaftar.

Kemudian, peserta akan menghadapi tes skolastik. Tes ini akan mengukur kemampuan kognitif dan intelegensi serta mengetahui minat dan bakat pendaftar. 

"Nanti akan dilihat apakah bidang yang dipilih calon pendaftar sesuai dengan potensi yang dimilikinya dan apakah calon peserta mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik nantinya," terangnya. Di dalam tes tersebut, ada soal-soal penalaran verbal, penalaran numerik, dan pemecahan masalah.

Terakhir, seleksi substansi. Pada tahap ini umumnya berkas pendaftar akan diverifikasi, peserta juga diminta untuk menulis esai, uji leaderless group discussion (LGD), dan wawancara.

Pada tahap essay on the spot dan LGD, pendaftar akan diberikan gambaran mengenai suatu isu kemudian diminta menyampaikan pandangan mengenai isu tertentu. Kedua tahap ini akan sangat menguji wawasan dan cara berpikir pendaftar dalam menanggapi suatu permasalahan.

"Peserta baiknya membiasakan diri untuk memantau isu-isu penting melalui berita atau platform lainnya. Serta rajin menonton acara-acara diskusi interaktif," sarannya. (tim redaksi)

#beasiswalpdp
#beasiswaS2
#beasiswaS3
#beasiswadokterspesialis
#tahap2
#syaratbeasiswa
#lpdp
#beasiswaS1khususvokasi

Tidak ada komentar