Breaking News

Buron, Bupati Memberamo Tengah Kabur Saat Akan Ditangkap KPK

Bupati Memberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (instagram)

WELFARE.id-Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak kini telah menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah diduga melarikan diri ke Papua Nugini melalui Vanimo. 

Tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait proyek di Pemkab Mamberamo Tengah itu diduga dibantu orang-orang terdekatnya untuk kabur dari kejaran KPK. 

"Tim penyidik telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan kepada berbagai pihak di antaranya orang-orang terdekat tersangka yang diduga turut membantu proses pelarian tersangka," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (18/7/2022). 

Diungkapkan Ali, kini KPK tengah menganalisa keterangan dari orang-orang terdekat Ricky Ham. Tidak lupa, KPK juga meminta agar tidak ada pihak-pihak yang membantu Ricky Ham dalam menghindari proses hukum yang tengah dihadapinya. "Karena dapat dikenai pidana merintangi proses penyidikan perkara," tegasnya. 

Dengan buronnya Ricky Ham, publik diimbau untuk segera melapor ke KPK maupun aparat penegak hukum lainnya jika mengetahui keberadaan yang bersangkutan. Hal itu supaya aparat dapat segera menangkap Ricky Ham. 

"Karena tentu telah menjadi komitmen KPK, aparat penegak hukum, serta seluruh elemen masyarakat, bahwa korupsi adalah musuh pembangunan nasional dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera," ungkap Ali. 

Sebagai informasi, KPK gagal menangkap Ricky Ham yang diduga kabur ke Papua Nugini melalui Vanimo. Ali Fikri mengatakan, tim penyidik menjadwalkan pemeriksaan kedua Ricky Ham Pagawak sebagai tersangka pada Kamis (14/7/2022). 

Namun Ricky mangkir atau tidak hadir memenuhi panggilan tersebut tanpa dasar argumentasi hukum yang sah. Tim penyidik menilai mangkirnya Ricky sebagai bentuk tindakan tidak kooperatif. 

"Benar, KPK selanjutnya berupaya melakukan jemput paksa kepada tersangka dimaksud di wilayah Papua namun tidak menemukan keberadaan yang bersangkutan," katanya. (tim redaksi) 

#kpk
#memberamotengah
#bupatimemberamotengah
#korupsibupatimemberamotengah
#rickyhampagawak
#kasussuap

Tidak ada komentar