Breaking News

Berburu Kuliner Khas Minang Disini Yuk!

Aneka kuliner khas Minang (ist) 

WELFARE.id-UMKM menjadi penopang perekonomian Indonesia ditengah ancaman resesi global. Para pengusaha cilik inilah yang terbukti bertahan ditengah hantaman badai krisis ekonomi 1998 lalu. 

Melihat hal itu, Arthatama, event organizer yang biasa mengadakan festival kuliner Minangkabau di Jabodetabek, berupaya memberikan wadah untuk para UMKM agar kembali bangkit melalui sebuah festival berisi panggung seni budaya serta kuliner daerah legendaris dan terkenal yaitu Kampung Kuliner Minangkabau. 

“UMKM pasti bisa bangkit lagi. Untuk itu, Arthatama berupaya membantu dengan mengadakan event ini. Selain untuk membangkitkan perekonomian UMKM yang ikut dalam festival ini, juga memperkenalkan makanan-makanan Nusantara khususnya khas Minangkabau,” kata Ketua Pelaksana Kampung Kuliner Minangkabau Yeni Rachmawati dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (17/7/2022). 

Ia mengatakan, Arthatama telah mengadakan festival ini di beberapa mall di Jakarta beberapa waktu lalu. “Saat ini Kampung Kuliner Minangkabau seri ke-5 sedang berlangsung di Mall Artha Gading dari 14 hingga 17 Juli 2022,” ujarnya. 

Menurut Yeni, antusiasme masyarakat sangat tinggi menyambut festival kuliner apabila dilihat dari kehadiran masyarakat di acara sebelumnya. “Mungkin karena sudah dua tahun lamanya mereka tidak hadir ke acara-acara besar ini karena pandemi, sehingga saat hadir kembali, rasanya menyenangkan,” katanya. 

Arthatama, jelas Yeni, tiap kali membuat acara selalu memperhitungkan secara matang dan terencana terutama pada pemilihan tempat. “Kami memiliki kualifikasi tertentu untuk memilih lokasi terbaik dan strategis. Hal ini supaya masyarakat yang hadir merasa nyaman walaupun berada di keramaian,” paparnya. 

Selain memperhatikan secara teknis, Arthatama juga menyusun rangkaian acara dengan berbagai kreasi dari daerah Minangkabau agar masyarakat yang hadir selain nyaman, juga merasakan keseruan lain. 

“Kami mempersembahkan beberapa pertunjukan seni seperti Tambua Tasa, Tari Pasambahan Minang, Tari Piring, Pawai Budaya Minangkabau, dan Arakan Bajamba. Selain itu, kami juga mengadakan permainan kesenian Irama Minang dengan hadiah menarik serta menghadirkan artis-artis asli Minang,” bebernya. 

Dalam acara ini, Arthatama memberikan efisiensi untuk masyarakat dari sisi transaksi, yaitu pembayaran dengan sistem Qris BRImo dan diskon hingga 25 persen. “Hal ini kami tetapkan agar masyarakat lebih mudah melakukan jual-beli, tinggal scan melalui Qris saja,” imbuhnya. 

Selain dari segi pembayaran, acara festival kuliner Minangkabau ini juga memperhatikan kesehatan lingkungan dengan meminimalisir sampah plastik. (tim redaksi) 

#kuliner
#culinary
#wisatakuliner
#kulinerminang
#festivalkulinerminangkabau
#malarthagading

Tidak ada komentar