Breaking News

Beragam Khasiat Daun Ungu, Tanaman Asli Papua yang Sangat Bermanfaat

Banyak manfaat daun ungun untuk kesehatan. Foto: net

WELFARE.id-Sangat banyak tanaman asal Indonesia yang bisa dijadikan obat herbal. Salah satunya daun ungu yang merupakan tanaman asli Papua. Bagi sebagian orang, nama tanaman ini mungkin belum terlalu populer. Tapi bagi orang yang sering mengalami ambeien atau wasir, ekstrak daun tanaman graptophyllum pictum ini pasti sudah cukup familiar.

Seperti apa sebenarnya manfaat serta efek samping daun ungu? Berikut penjelasannya: 

Daun ungu adalah tanaman herbal yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Di daerah, tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda. Misalnya, di Ternate disebut dengan kobi-kobi, di Madura disebut Karotong, di Bali daun temen-temen, di Sunda handelelum, dan di Jawa dengan sebutan demung, tulak, atau wungu.

Daun ini mengandung berbagai senyawa yang diketahui memiliki efek baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa tersebut meliputi tannin, sitosterol, steroid, saponin, glikosida, flavonoid, fenol, dan alkaloid. Meski dikenal bagus untuk mengatasi wasir, tetapi obat herbal ini juga memiliki manfaat kesehatan lain.

Sebagai obat herbal, daun ini banyak dijual bebas di pasaran. Jika membuka e-commerce akan ada beberapa pilihan produk daun ini yang ditawarkan. Bahkan sejumlah toko online juga menjualnya dalam bentuk daun atau tanaman utuh.

Tetapi jika tidak mau repot atau kesulitan mencari tanamannya, ada bentuk lain yang lebih praktis. Kamu bisa mengonsumsi teh celup atau kapsul daun ungu yang siap minum.

1. Teh Daun Ungu
Di sejumlah e-commerce Anda bisa dengan mudah menemukan teh daun ungu dengan berbagai merek. Ada dua jenis produk yang ditawarkan, yakni yang sudah berbentuk teh celup atau teh biasa yang ampasnya perlu disaring sebelum diminum.

Di pasaran, kemasannya pun cukup beragam. Untuk teh celup, ada yang dijual per kemasan seperti teh pada umumnya, ada juga yang dikemas dalam botol. Sementara untuk teh biasa, dikemas dalam wadah plastik bening dengan berbagai ukuran.

2. Kapsul Daun Ungu
Jika menyeduh teh juga masih terlalu merepotkan, kamu bisa memilih untuk membeli yang sudah berbentuk kapsul. Produk ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran dengan merek dan kemasan yang sangat beragam.

Meskipun tanaman asal Papua ini paling dikenal karena kemampuannya dalam mengatasi wasir atau ambeien, tetapi sebenarnya daun ini juga memiliki berbagai khasiat yang tidak kalah baik. Berikut khasiat daun ungu:

1. Mengobati Wasir
Jika mendengar kata daun ungu, tentu sebagian orang langsung mengaitkannya dengan obat wasir. Hal ini tidak mengherankan karena masyarakat telah cukup lama mempercayai daun ini untuk wasir. 

Kemampuan ini didapat karena didalamnya terkandung sejumlah senyawa seperti flavonoid, saponin, tanin, dan alkaloid yang dapat melunakkan tinja, tetapi tidak menimbulkan diare dan bisa menurunkan nilai ambang nyeri.

2. Antiperadangan
Manfaat daun ungu lain yang bisa didapat adalah sebagai antiperadangan. Kemampuan antiinflamsai ini karena terkandung flavonoid.

3. Mengatasi Bisul
Buat Anda yang bermasalah dengan bisul, tanaman ini bisa menjadi salah satu obat herbal yang digunakan. Kemampuannya dalam membantu menyembuhkan bisul ini dikarenakan di dalamnya terkandung senyawa antibakteri dan antiperadangan.

4. Membuat Haid Lebih Lancar
Tamu bulanan perempuan alias haid yang tidak teratur juga bisa diatasi dengan menggunakan obat herbal ini. Kamu hanya perlu minum air rebusan daun ini selama tiga hari jelang haid.

5. Rheumatoid Arthritis
Khasiat daun ungu lainnya yang bisa didapatkan adalah untuk mengatasi rematik atau rheumatoid arthritis. Penyakit peradangan atau pembengkakan di beberapa sendi ini umumnya terjadi di bagian kaki dan tangan. 

6. Memperlambat Pembentukan Plak Gigi
Jika memiliki masalah dengan plak gigi, daun ini juga bisa digunakan untuk membantu mengatasinya. Sebab, di dalamnya terdapat senyawa tanin dan flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya streptococcis mutans yang menyebabkan plak gigi dengan cara menghambat penyerapan glukosa.

7. Menjaga Gula Darah
Menurut penelitian yang diujikan pada tikus, ekstrak daun ini menyebabkan penurunan yang signifikan pada kadar glukosa darah tikus.

8. Mengatasi Sembelit
Tidak hanya untuk mengobati wasir, obat herbal ini juga dapat digunakan untu mengatasi sembelit. Sebab, daun ini mengandung serat yang bermanfaat untuk membantu melancarkan buang air besar. (tim redaksi)

#kesehatan
#daunungu
#obatherbal
#tanamanasliindonesia
#tanamanpapua
#kayamanfaat
#obatwasir

Tidak ada komentar