Breaking News

Bawa Kontroversi, Libanon Berencana Larang Penayangan Sekuel Minions

Salah satu adegan dalam film Minions baru. Foto: net

WELFARE.id-Sekuel film Minions: The Rise of Gru menuai kontroversi. Pemerintah Libanon sedang mempertimbangkan untuk melarang penayangan film Minions baru di bioskop-bioskop di negaranya.  

Larangan ini muncul diduga salah satunya karena kehadiran karakter biarawati jahat dalam serial terbaru Minions tersebut. Dilansir Al Araby pada Sabtu (9/7/2022), terlepas dari pandangan Libanon yang relatif liberal tentang masalah sosial, pembatasan terhadap hak-hak gay juga tetap ada di negara Arab tersebut.

Karenanya aktivis berspekulasi bahwa larangan itu mungkin karena homoseksualitas atau karakter jahat seperti biarawati yang hadir dalam film tersebut. 

Pasal 534 KUHP Libanon melarang tindakan seksual yang bertentangan dengan tatanan alam dengan hukuman penjara hingga satu tahun, yang oleh beberapa orang ditafsirkan sebagai larangan terhadap homoseksualitas

Menurut Megaphone, selama beberapa detik film tersebut menunjukkan dua pria muda berpelukan selain tatapan romantis antara dua orang dari keluarga tanpa gender.

Dimasukkannya karakter seperti biarawati juga dianggap kontroversial, karena 32 persen dari populasi Libanon adalah Kristen, sementara sekitar 68 persen adalah Muslim. Demikian data menurut Statistik Libanon.

Para penggemar Minions tentu saja geram apabila larangan penanyangan film Minions benar-benar dilakukan. Mereka menganggap alasan larangan itu sangat konyol.

Film ini terdiri dari pemeran all-star dunia termasuk Steve Carell, Taraji Hneson, Russell Brand, dan Julie Andrews. Libanon termasuk di antara beberapa negara Arab yang mengumumkan larangan pada awal tahun ini terhadap penayangan film animasi terbaru garapan Pixar yaitu Lightyear. 

Alasannya dalam film tersebut diselipkan adegan tak pantas yakni ciuman lesbian antara dua karakter wanita.

Hingga kini, sebagian besar negara Arab mengkriminalisasi hubungan sesama jenis. Ada laporan penahanan terhadap kaum homoseksual dan pencarian invasif di banyak dari mereka dalam beberapa tahun terakhir ini. (tim redaksi)

#filmbaru
#minions
#filmkartun
#lebanon
#filmkontroversial
#negarajaziraharab
#pixar

Tidak ada komentar