Breaking News

Banjir Landa Parigi Moutong, Tiga Warga Tewas Terseret Arus

Warga Desa Kayuboko, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, beraktivitas di sekitar murah mereka yang dilanda banjir, Jumat (20/5/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Bencana alam berupa banjir terjadi di empat wilayah di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Kamis malam (28/7/2022). 

Banjir terjadi pascahujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama sehingga menyebabkan meluapnya sungai dan merendam permukiman di Desa Torue, Dusun II, Dusun III dan Dusun V yang berada di Kecamatan Torue pukul 22.33 waktu setempat.

"Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Jumat (29/7/2022) pukul 11.54 WIB, banjir dengan ketinggian muka air antara 30-90 centimeter itu merendam 450 unit rumah, 11 diantaranya mengalami rusak berat, dan 450 KK/1.800 jiwa terdampak," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari seperti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/7/2022).

Selain itu juga, dilaporkan tiga orang meninggal dunia dan empat orang dinyatakan hilang akibat banjir tersebut. Kemudian, terdapat 450 warga yang mengungsi ke beberapa titik pengungsian karena rumahnya terendam banjir.

Sementara itu, Abdul juga mengatakan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah saat dihubungi melalui pesan singkat menyatakan, tiga korban meninggal disebabkan oleh terbawa arus banjir.

”Iya, terkonfirmasi tiga orang meninggal dunia, yaitu seorang sopir dan satu penumpang yang mobilnya terseret arus sungai yang deras. Selain itu juga satu orang warga juga terseret arus sungai saat banjir1,” ujar Petugas Pusdalops BPBD Sulteng, Jumat (29/7/2022).

Lebih lanjut dijelaskan, terdapat empat warga dinyatakan hilang dan saat ini masih terus dilakukan pencarian oleh tim gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD dan petugas pemda setempat. ”Empat orang dinyatakan hilang dengan rincian satu bayi, dua orang wanita, dan satu orang lansia,” ujarnya juga.

Pada saat kejadian, BPBD dan tim gabungan langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan assesment, evakuasi, dan menyiapkan peralatan penanganan darurat.

”Sejak banjir terjadi, langsung menuju lokasi untuk evakuasi dan mendirikan tenda di Kantor Desa Torue untuk dijadikan tempat pengungsian bagi warga. Kondisi pagi ini banjir sudah surut,” katanya juga.

Sedangkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk wilayah Parigi Moutong, pada Jumat (29/7/2022) dan Sabtu (30/7/2022) akan mengalami hujan dengan intensitas sedang dan tinggi disertai petir.
 
Sementara itu, hasil kajian dari inaRISK BNPB, wilayah Kabupaten Parigi Moutong memiliki level risiko bencana alam berupa banjir dengan tingkat menengah dan tinggi.

Menanggapi potensi bencana tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan ancaman bencana banjir susulan, khususnya bagi warga yang bermukim di sekitar sungai. 

Untuk kesiapsiagaan, ketika hujan dengan itensitas tinggi terjadi terus menerus selama satu jam, masyarakat di daerah rawan banjir untuk mempersiapkan diri dan melakukan evakuasi ke tempat aman. (tim redaksi)

#banjir
#parigimoutong
#sulawesitengah
#sulteng
#bnpb
#bpbdsulteng
#bmkg

Tidak ada komentar