Breaking News

Bagikan Minyak Goreng sambil Kampanyekan Anak, Begini Pesan Penting Moeldoko ke Mendag

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Usai videonya viral mengkampanyekan anaknya, Futri Zulya Savitri saat membagikan minyak goreng alias migor di Lampung, aksi Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengundang sejumlah pihak berkomentar. 

Bahkan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung meminta kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan(Zulhas) untuk fokus bekerja menurunkan harga minyak goreng jadi Rp14.000/liter.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memberikan pesan penting kepada Menteri Perdagangan yang akrab disapa Zulhas tersebut. Moeldoko mengingatkan bahwa Presiden Jokowi telah meminta semua menteri di kabinet untuk fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Presiden selalu menekankan para menteri harus concern untuk memberikan pelayanan kepada publik," jelas Moeldoko kepada wartawan di Gedung Krida Bhakti Jalan Veteran III Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Mantan Panglima TNI ini juga menyampaikan Presiden Jokowi selalu mengingatkan para menteri bahwa dunia saat ini dihadapi oleh situasi yang luar biasa atau extraordinary. Sehingga, para menteri pun diminta bekerja dengan cara yang extraordinary pula.

"Instruksi presiden sudah sangat jelas. Bukan hanya kemarin, tapi jauh sebelumnya presiden selalu menegaskan bahwa situasi sekarang adalah situasi yang tidak biasa, situasi yang harus disikapi lebih dari extraordinary karena memang situasi global seperti itu mempengaruhi kondisi dalam negeri," ujarnya.

Meski begitu, Moeldoko mengatakan tidak berbicara perorangannya tapi lebih pada penekanan presiden kepada seluruh menteri agar memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Mendag Zulkifli Hasan untuk fokus menanggapi aksi Zulhas yang meminta warga memilih anaknya saat membagikan minyak goreng gratis di Lampung beberapa waktu lalu.

Jokowi mengingatkan Zulhas untuk fokus menjalankan tugas yang diperintahkannya. Salah satunya, menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14.000 per liter.

"Ya saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Menteri Perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14.000 atau di bawah Rp14.000. Paling penting itu, tugas dari saya itu," jelas Jokowi kepada wartawan di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Selasa (12/7/2022).

Jokowi juga mengingatkan bahwa tugas Mendag mengunjungi pasar-pasar adalah untuk mengecek harga minyak goreng dan bahan pangan lainnya. Jokowi pun menyampaikan harga minyak goreng harus dipastikan berada di angka Rp 14.000 atau lebih murah.

"Jadi ke pasar-pasar adalah dalam rangka mengecek, saya pun sama mengecek minyak goreng utamanya ini yang kita cek itu minyak curah lho ya," jelasnya. 

Sedangkan PAN mengklaim kalau pembagian minyak goreng itu merupakan acara partai. Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PAN Intan Fauzi menyebut, Zulkifli Hasan ke Lampung sebagai Ketua Umum PAN. Acara tersebut juga merupakan acara partai.

"Mendag ke Lampung murni sebagai kapasitas partai, sebagai ketua umum PAN, dan acaranya dilakukan Sabtu di hari libur, bukan sebagai Mendag," katanya.

Menurut Intan, minyak goreng yang dibeli juga dari distributor. Anak Zulhas, Futri Zulya Savitri merogoh kocek pribadi untuk dibagikan ke ibu-ibu untuk bentuk dukungan kepada perempuan.

"Jadi, minyak goreng memang dari distributor dan dibagikan gratis kepada ibu-ibu sebagai bentuk kepedulian di tengah melonjaknya harga-harga barang," ujar Intan. (tim redaksi)


#polemik
#bagibagiminyakgoreng
#kepalastafpresiden
#moeldoko
#menteriperdagangan
#zulkiflihasan
#lampung
#presidenjokowi

Tidak ada komentar