Breaking News

Bagi Anda Penderita Diabetes, Ini 10 Minuman Terbaik yang Bisa Dikonsumsi

Jus jeruk tanpa pemanis buatan, salah satu minuman yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Foto: net

WELFARE.id-Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus diseleksi dengan baik. Begitu juga dengan minuman. 

Mengutip Healthline, American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman nol kalori atau rendah kalori untuk penderita diabetes. Alasan utamanya adalah untuk mencegah lonjakan gula darah. 

Memilih minuman yang tepat dapat membantu penderita diabetes untuk: 
- Menghindari efek samping yang tidak menyenangkan seperti lonjakan gula darah 
- Mengelola gejala diabetes
- Menjaga berat badan terkendali  

Berikut 10 macam minuman terbaik untuk penderita diabetes yang direkomendasikan:  

1. Air mineral 
Mengutip Healthline, air mineral baik untuk penderita diabetes karena tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Minum cukup air mineral dapat membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin.  

Institute of Medicine merekomendasikan pria dewasa minum sekitar 13 cangkir (3,08 liter) sehari dan wanita minum sekitar 9 cangkir (2,13 liter).
  
2. Air seltzer 
Mengutip Healthline, air seltzer adalah minuman alternatif berkarbonasi yang bebas gula. Seperti air biasa, air seltzer bebas kalori, karbohidrat, dan gula.  

Air berkarbonasi adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi dan mendukung kadar gula darah yang sehat. Ada banyak rasa dan varietas yang berbeda untuk dipilih. Kita juga dapat mencoba menambahkan beberapa buah dan rempah segar untuk memberi minuman berasa sesuai selera.  

3. Teh 
Mengutip Healthline, menurut riset teh, memiliki efek positif pada kesehatan tubuh, termasuk untuk penderita diabetes. Macam-macam teh meliputi: 
- Teh hijau 
- Teh hitam 
- Teh putih 
- Teh oolong 

Sebuah studi besar pada 2021 terhadap lebih dari 0,5 juta orang menemukan bahwa konsumsi teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian. Perlu dicatat, bahwa minum teh yang terbaik untuk kesehatan adalah tanpa gula tambahan. Untuk mendapatkan rasa yang menyegarkan, bisa menambahkan es atau beberapa irisan lemon.  

4. Teh herbal 
Mengutip Healthline, varietas teh herbal yang menjadi pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes, meliputi: 
- Teh chamomile 
- Teh kembang sepatu 
- Teh jahe Teh peppermint 
Teh herbal tidak hanya bebas karbohidrat, kalori, dan gula, tetapi juga kaya akan senyawa antioksidan penangkal penyakit, termasuk karotenoid, flavonoid, dan asam fenolik.  

5. Kopi tanpa gula 
Mengutip Healthline, ulasan studi 2019 menemukan bahwa minum kopi dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dengan meningkatkan metabolisme gula. 

Seperti halnya teh, penting agar kopi tidak diberi tambahan pemanis tambahan. Menambahkan susu, krim, atau gula ke kopi dapat meningkatkan jumlah kalori secara keseluruhan dan dapat memengaruhi kadar gula darah.  

6. Susu rendah lemak 
Mengutip Healthline, susu mengandung vitamin dan mineral penting, tetapi susu dapat menambahkan karbohidrat. Jadi penting untuk memilih susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim dan direkomendasikan untuk mengkonsumsinya tidak lebih dari 2-3 gelas 8 ons sehari.  

7. Susu nabati 
Mengutip Eat This, Seema Bonney, pendiri dan direktur Anti-Aging & Longevity Center of Philadelphia, menyarankan untuk memilih susu nabati tanpa pemanis untuk penderita diabetes.  

"Penelitian telah menunjukkan bahwa protein hewani terkait dengan resistensi insulin," ujar Bonney. Susu nabati contohnya meliputi susu kedelai, almond, atau santan.  

8. Kombucha 
Mengutip Healthline, kombucha adalah minuman fermentasi yang biasanya terbuat dari teh hitam atau teh hijau. Kombucha bagus untuk penderita diabetes tipe 2 karena dapat meningkatkan kontrol gula darah.  
Khasiat itu didapat karena kombucha adalah sumber probiotik, jenis bakteri menguntungkan yang ditemukan di usus. 

Meskipun kandungan nutrisi yang tepat dapat bervariasi tergantung pada jenis, merek, dan rasa tertentu, porsi 1 cangkir kombucha biasanya mengandung sekitar 7 gram karbohidrat.  
Hal itu menjadikannya pilihan tepat untuk diet rendah karbohidrat.  

9. Jus jeruk 
Mengutip Medical News Today, jus jeruk murni baik untuk penderita diabetes, tetapi dalam jumlah kecil. Ukuran porsi adalah faktor kunci untuk mengatur asupan karbohidrat saat minum jus dengan makanan.  

Dalam jus buah mengandung gula dari buah. Misalnya, satu cangkir 248 gram jus jeruk murni mengandung 26 gram karbohidrat, yang hampir 21 gram adalah gula. Minum jus saja dapat menyebabkan lonjakan gula darah, tetapi mengonsumsinya dengan makanan lain, terutama protein atau lemak sehat dapat membantu mencegah.  

10. Limun segar
Mengutip Healthline, limun bebas gula menjadi minuman baik untuk penderita diabetes lainnya. Sebab, minuman segar ini rendah karbohidrat. (tim redaksi)


#kesehatan
#diabetes
#gayahidup
#makanansehat
#minumansehat
#minumanspesial

Tidak ada komentar