Breaking News

Aneka Manfaat Sarang Burung Walet, Kelima Bikin Kulit Glowing

Sarang burung walet. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Khasiat sarang burung walet bagi masyarakat di Asia sudah dikenal luas. Masyarakat Tiongkok khususnya, percaya, bahwa sarang burung walet tak hanya manjur sebagai obat sehat tapi juga berkhasiat untuk kecantikan.

Mengutip laman goldennest.com, Sabtu (9/7/2022), sup sarang burung walet bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit seperti tuberculosis, asma, dan masalah pencernaan. 

Sarang burung walet berasal dari  air liur burung walet yang memadat. Sarang ini biasanya dibuat oleh burung walet yang berpasangan. 

Mereka akan menggunakan sarang ini sebagai tempat pertemuan, biasanya di musim semi. Harganya pun terbilang mahal.

Untuk konsumsi, sarang burung walet biasanya disajikan dalam bentuk sup ataupun es sarang burung. Nah, melansir berbagai sumber, berikut ini manfaat sarang burung walet bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat sarang burung walet adalah sebagai sumber antioksidan bagi tubuh manusia. Zat antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan zat-zat radikal bebas di dalam tubuh. 

Zat-zat radikal bebas adalah zat yang berpotensi untuk menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Mengutip dari artikel berjudul "Ulasan Sarang Burung Walet sebagai Pangan Fungsional" karya Dede Sriwahyuni dkk. yang diterbitkan oleh Jurnal Acta Veterinaria Indonesiana, sarang burung walet mengandung asam amino aromatik dan asam amino hidrofobik yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Tingginya kandungan antioksidan dalam sarang burung walet juga disebut dapat menunda proses penuaan.

2. Menurunkan risiko sakit jantung

Penelitian menunjukkan bahwa glikoprotein yang terkandung di dalam sarang burung walet baik bagi kesehatan jantung. Tak hanya menjaga jantung tapi juga kesehatan pembuluh darah. Sarang burung walet dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya pengentalan darah dan hiperkoagulasi yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

3. Mencegah penyakit diabetes

Manfaat sarang burung walet yang selanjutnya adalah mencegah penyakit diabetes. Sarang burung walet disebut-sebut dapat membantu mencegah resistensi insulin yang menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes. 

Penelitian menyebutkan bahwa sarang burung walet dapat mencegah stres oksidatif, hasilnya ia dapat menurunkan kadar insulin, leptin, dan kolesterol total secara signifikan. Selain itu, sarang burung walet dapat membantu menjaga kinerja metabolisme tubuh dan mencegah produksi insulin secara berlebihan.

4. Bermanfaat untuk kesehatan otak

Melansit Healthline, penelitian menunjukkan sarang burung walet bisa meningkatkan kemampuan kognitif dengan meredakan peradangan dan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana radikal bebas merusak sel tubuh manusia dengan mengubah struktur kimianya. Stres oksidatif ini dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan manusia, seperti alzheimer dan parkinson.

5. Bikin Wajah Glowing

Selain sebagai obat, sarang burung walet juga telah lama digunakan untuk perawatan kecantikan. Sarang burung walet disebut-sebut dapat membantu melembabkan, memutihkan, dan menjaga kulit dari oksidasi. 

Mengutip dari artikel di jurnal Acta Veterinaria Indonesiana, kandungan epidermal growth factor (EGF) di dalam sarang burung walet dapat membantu pembelahan sel, serta pertumbuhan dan peningkatan generasi jaringan yang membantu untuk meremajakan kulit. Protein yang terkandung di dalam sarang burung walet juga dapat melindungi kulit. 

Selain itu, menurut penelitian terbaru sarang burung walet juga dapat memperbaiki tekstur kulit. Di samping itu, beberapa orang juga percaya bahwa sarang burung walet dapat membantu memperkuat kolagen wajah dan memperbaiki kulit yang kendur. (tim redaksi)

#sarangburungwalet
#manfaatkesehatan
#manfaatkecantikan
#melenturkankulitwajah
#bikinwajahglowing
#memperbaikiselotak

Tidak ada komentar