Breaking News

Analisis Kematian Massal Ikan Sapu-Sapu di Kali Baru, Dinas Lingkungan Hidup DKI Libatkan Ahli IPB

Ilustrasi. Foto: pixabay

WELFARE.id-Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bersama dengan para ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah menganalisa hasil uji lab terhadap air yang menjadi sampel. Air ini merupakan tempat mati massal-nya ikan sapu-sapu di Kali Baru, Jakarta Timur, Senin (11/7/2022) lalu. 

"Hasilnya sudah ada, tapi kita mau menganalisa hasil lab-nya terlebih dahulu dengan melibatkan ahli dari IPB," kata pejabat humas Dinas Lingkungan Hidup, Yogi Ikhwan, dikutip Kamis (28/7/2022). 

Yogi mengatakan, hasil lab, sudah keluar pada Senin (25/7/2022). Untuk mendapatkan penjelasan kuat perihal sumber-sumber kandungan yang terdalam air tersebut, maka perlu untuk melibatkan ahli yang berkompeten. "Supaya kita tahu, ini dari mana saja, berkaitannya dengan apa," pungkasnya. 

Sebelumnya Yogi pernah menyampaikan, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta membutuhkan 12 hari untuk menentukan penyebab kematian ikan-ikan tersebut. "Kita masih analisa sampel airnya di lab, 12 hari kerja keluar hasilnya, baru kita bisa menentukan sumbernya," ujarnya. 

Yogi menegaskan bahwa, sebelum adanya kejadian ikan-ikan mati di sepanjang Kali Baru, Dinas Lingkungan Hidup secara rutin melakukan pengawasan kegiatan masyarakat di sepanjang kali tersebut. Namun ia tidak menjelaskan detil ada tidaknya kejadian serupa. "Pengawasan tetap kami lakukan," tandasnya. 

Laporan tentang peristiwa ikan mati masal ini diterima Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, pada Senin (11/7) pukul 07.20 WIB, di aliran sungai Kali Baru di depan RT 001 RW 008 Kelurahan Tengah. Ikan-ikan di aliran Kali Baru mati dan terbawa arus arah utara. (tim redaksi) 

#ikansapusapu
#ikansapusapimatimassal
#kalibaru
#dinaslingkunganhidup
#dkijakarta
#kalibaru
#ipb

Tidak ada komentar