Breaking News

8 Rekomendasi Menu Idul Adha yang Bisa Disantap Bareng Keluarga

Foto: Ilustrasi/ Instagram @malichatun88

WELFARE.id-Idul Adha merupakan puncak ibadah haji bagi umat Muslim. Momen ini dibarengi dengan salat Ied serta penyembelihan hewan kurban.

Nah, biasanya malam harinya, umat Muslim punya kebiasaan untuk menyantap daging hewan kurban. Bisa daging kambing atau sapi. Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/7/2022), berikut 8 rekomendasi menu Idul Adha:

1. Rendang

Kelezatan rendang membuat hidangan ini favorit bagi banyak orang. Bahkan menempati urutan pertama dalam daftar World ‘s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada 2011.

Masakan khas dari Sumatera Barat ini memiliki cita rasa pedas dan menggunakan santan. Kamu bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Kamu juga bisa memasaknya dalam bentuk rendang basah ataupun kering.

2. Sate

Sate merupakan hidangan olahan daging yang bisa kita temui setiap hari hampir diseluruh penjuru nusantara. Cara mengolah sate cukup sederhana.

Kamu cuma perlu membakar daging kurban yang telah direndam bumbu, kemudian menyajikannya dengan saus bumbu kacang dan kecap manis. Meskipun mudah, namun kelezatan olahan daging ini tidak perlu dipertanyakan. Jadi, pastikan kamu membakar sate hingga matang, untuk menghidari resiko penyakit toxoplasmosis.

3. Gulai

Gulai merupakan menu makanan berbahan baku daging yang diolah dalam kuah dengan bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Hidangan yang dianggap sebagai kari ala Indonesia ini banyak ditemukan terutama di Sumatera dan Jawa.

Ciri khas gulai adalah warna kuahnya yang kuning dan kental. Bumbu gulai diracik dari berbagai rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, adas, pala, serai, jintan, serta kayu manis. Racikan bumbu tersebut kemudian dimasak dalam santan beserta daging.

4. Kambing oven

Kalau punya oven di rumah, kamu bisa mencoba resep masakan khas Mesir yang satu ini. Kambing oven cukup mudah pengolahannya. 

Oleskan bumbu pada permukaan kambing hingga rata, kemudian panggang dalam suhu 200 derajat Celcius hingga matang, atau selama sekitar 45 menit. Kamu bisa menusuknya dengan garpu untuk mengecek tingkat kematangannya. Biasanya hidangan ini menggunakan bagian paha kambing, sebab lebih depat empuk jika dimasak.

5. Tengkleng

Tengkleng merupakan makanan khas Solo. Olahan daging ini mirip seperti gulai kambing, namun memiliki kuah yang lebih encer. 

Tengkleng merupakan hidangan yang terdiri dari tulang, daging, serta jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah yang memikat. Bumbu yang digunakan untuk mengolah tengleng tidak jauh berbeda dengan bumbu gulai. Untuk menambah citarasa, kamu juga bisa menambahkan taburan bawang goreng pada saat penyajiannya.

6. Tongseng

Jika umumnya tongseng menggunakan daging kambing, kali ini kamu bisa menggunakan daging sapi. Makanan ini serupa gulai, namun menggunakan bumbu rempah seperti jahe, cengkih, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai.

Kamu juga bisa menambah berbagai sayuran seperti kubis, kol, tomat, serta daun bawang. Saat menyajikannya kamu juga bisa menambah taburan bawang goreng serta emping.

7. Oseng daging kambing pedas

Daging kambing dipotong dadu, dimarinasi dengan kecap, bawang merah, dan bubuk bawang putih. Kemudian, iris tomat, cabai rawit merah dan bawang putih, lalu iris jahe, serta daun jeruk dan salam.

Cara membuatnya juga simpel. Cukup tumis bawang, jahe, cabai, daun salam, dan jeruk sampai harum.

Masukkan daging kambing, aduk hingga rata. Tambahkan sedikit air, kecap, tomat, gula, dan garam. Aduk sampai airnya menyusut.

8. Nasi kebuli

Nasi Kebuli merupakan olahan nasi berbumbu dan bercitarasa gurih yang berasal dari Timur Tengah. Untuk membuat nasi kebuli, kamu perlu menanak nasi bersama kaldu kambing serta susu kambing hingga setengah matang.

Kemudian tumis daging kambing, campurkan dalam nasi beserta racikan bumbu rempah yang telah dihaluskan hingga nasi menjadi matang. Bumbu rempah yang digunakan antara lain, bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, pala, kapulaga, kayu manis, serta minyak samin. Kamu bisa menambahkan asinan nanas atau sambal goreng hati untuk menambah kelezatan hidangan nasi kebuli ini. (tim redaksi)

#rekomendasimenuiduladha
#menuiduladha
#menukambing
#menuolahandaging
#menunusantara
#kuliner

Tidak ada komentar