Breaking News

Yang Lain Gulung Tikar, Startup Kuliner Ini Justru Dapat Dana Segar Rp101 Miliar Lagi

Resto dine in Mangkokku milik Chef Arnold Poernomo dan pengusaha kuliner Randy Kartadinata, Gibran Rakabuming, dan Kaesang Pangarep. Foto: Istimewa/ Instagram

WELFARE.id-Disaat banyak perusahaan rintisan di Indonesia yang gulung tikar, startup kuliner Mangkokku justru mengumumkan baru saja mendapatkan suntikan dana sebesar USD7 juta atau senilai Rp101 miliar. Suntikan dana tersebut akan menerbangkan Mangkokku untuk bersiap menembus pasar dunia.

Para penyuntik dana di Mankokku adalah Alpha JWC Ventures dan EMTEK, dengan partisipasi dari Cakra Ventures. Sebelumnya, Alpa JWC Ventures sudah menyalurkan pendanaan ke Mankokku pada 2020 yang membuat perusahaan ini mengalami peningkatan penjualan secara signifikan.

Seperti diketahui, Mangkokku didirikan oleh Chef Arnold Poernomo dan pengusaha kuliner Randy Kartadinata, serta dua anak Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. Startup kuliner itu menawarkan berbagai hidangan, baik yang tetap maupun musiman, dalam bentuk rice bowl.

Sejak 2020, Mangkokku telah memiliki 50 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Malang, Semarang, dan Solo. Saat pandemi menyerang dan melumpuhkan dunia bisnis, Mangkokku berhasil membangun bisnis berkelanjutan dan tumbuh secara sehat.

Kini, Mangkokku siap melesat lebih jauh. Mereka bahkan sudah memiliki gerai flagship di Mall Sarinah dengan konsep modern, cozy, dan menu makan di tempat yang istimewa. 

Dalam beberapa bulan ke depan, mereka berencana akan membuka lebih banyak restoran dinein sambil terus menambah gerai cloud kitchen-nya ke kota-kota baru. Untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan para pelanggan, pihaknya juga akan meluncurkan aplikasinya pada akhir 2022. 

Aplikasi tersebut nantinya akan menyediakan layanan pesan antar, ambil sendiri, program loyalitas, serta promosi khusus. "Kami ingin melayani lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman kuliner yang terbaik. 

Kami akan memperluas kehadiran online dan offline, membuka restoran flagship di lokasi-lokasi strategis, meluncurkan aplikasi, dan yang terpenting, terus mengeluarkan hidangan-hidangan lezat bagi masyarakat," kata Co-Founder dan CEO Mangkokku Randy Kartadinata, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (7/6/2022).

Tak berhenti di ekspansi toko, Mangkokku memiliki mimpi besar menjadi perusahaan kuliner dengan produk kuliner serta ekosistem yang lengkap dan membawa kuliner lokal Indonesia ke panggung dunia. Itu sebabnya, mereka meluncurkan holding company, Nusantara Culinary Group.

"Ricebowl adalah titik awal dan sekarang kami siap untuk mengambil langkah selanjutnya. Di bawah naungan holding company Nusantara Culinary Group, kami akan menghadirkan lebih banyak hidangan lezat. Kami mulai dengan minuman dan sambal kemasan dan akan meluncurkan jenis hidangan lainnya tahun ini dan seterusnya untuk menjadi solusi kuliner end-to-end bagi pelanggan kami," tutup Randy. (tim redaksi)

#mangkokku
#startupkuliner
#chefarnold
#kaesangpangarep
#gibranrakabuming
#randykartadinata
#perusahaanrintisan
#suntikandana
#alphajwcventures
#emtek

Tidak ada komentar