Breaking News

Waspadai Gelombang 4 Meter di Perairan NTT, Diprediksi Berlangsung hingga Lusa

Gelombang tinggi. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Cuaca ekstrem masih akan terjadi di perairan Indonesia. Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gelombang laut sedang dan tinggi berpotensi melanda wilayah perairan laut Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tiga hari ke depan.

"Gelombang sedang (1,25-2,5 meter) dan tinggi (2,5-4 meter) berpotensi melanda sebagian besar perairan di NTT. Sehingga perlu diwaspadai operator kapal maupun para nelayan," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi, dikutip Selasa (14/6/2022).

Ia menambahkan, gelombang tinggi diperkirakan akan berlangsung pada 14-16 Juni. Ia merinci, perairan laut yang berpotensi gelombang sedang di antaranya Selat Sumba bagian timur, Laut Sawu bagian utara, Selat Alor-Pantar, dan perairan utara Kupang-Rote.

Sedangkan yang berpotensi dilanda gelombang tinggi yaitu Selat Sumba bagian barat, Samudra Hindia selatan Sumba-Sabu, Laut Sawu bagian selatan, perairan selatan Kupang-Rote, dan Samudra Hindia selatan Kupang-Rote. Sementara dua titik wilayah perairan laut lain berpotensi terjadi gelombang rendah (0,5-1,5 meter) yaitu perairan utara Flores dan Selat Flores-Lamakera.

Ia mengatakan, potensi gelombang tinggi ini perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri, kapal tongkang, serta kapal atau perahu nelayan. Untuk itu, kata dia, para operator kapal maupun nelayan perlu mencermati secara baik potensi gelombang tinggi untuk keamanan dan kelancaran pelayaran. (tim redaksi)

#gelombangtinggi
#cuacaekstrem
#pelayaran
#nusatenggaratimur
#ntt
#bmkgkupang
#bmkg
#keamananpelayaran

Tidak ada komentar