Breaking News

Waspada! Sehari Terjadi Empat Kebakaran di Kota Samarinda

Api membakar rumah di Jalan Raudah 5, RT 023, Kelurahan Teluk Lerong Ilir, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Jumat (3/6/2022). Foto: Relawan Kebakaran

WELFARE.id-Kebakaran terus menghantui Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sepanjang hari ini, Jumat (3/6/2022) terjadi empat kebakaran dalam waktu berbeda.  

Kebakaran pertama terjadi di ruang Perpustakaan, Lantai 2 Kampus Polnes, di Jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Gunung Panjang, Kecamatan Samarinda Seberang, Jumat (3/6/2022) pukul 10.15. 

Kebakaran diduga akibat korsleting Listrik. Namun, penyebab pasti kebakaran ini dalam penyelidikan aparat Polsek Samarinda Seberang. Api dengan cepat membesar dalam ruangan perpustakaan tersebut. Asap hitam membumbung tinggi.Akibatnya, puluhan mahasiswa berhamburan. 

Ketua Info Taruna Samarinda-Tim Reaksi Cepat (ITS-TRC) Samarinda Joko Iswanto menjelaskan ada 8 unit mobil pemadam kebakaran dari Disdamkar Samarinda dan swasta serta 15 mesin portable Relawan yang datang ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

”Kebakaran padam pukul 10.45. Pemadaman turut dibantu Relawan Kota Samarinda, Relawan Loa Janan, Disdamkar Kota Samarinda, BPBD Kukar dan Tim Medis Emergency Medical Team-ITS,” terang Joko. 

Tidak berselang lama, si jago merah kembali mengamuk di Jalan Raudah 5, RT 23, Kelurahan Teluk Lerong Ilir, Samarinda Ulu pukul 12.10 WITA. Kebakaran sendiri mendadak terjadi saat warga setempat tengah menjalankan salat jumat.

Api terlihat menyala dan membakar dari bangunan satu ke bangunan lainnya. Sejumlah pemadam kebakaran gabungan berupaya mencapai titik api yang berada di perbukitan perumahan padat penduduk untuk melakukan pemadaman. 

Akibat sumber air yang minim, para relawan bencana yang datang ke lokasi mencoba membuka parit yang ada untuk mendapatkan air. Sejumlah unit fire truck dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Samarinda pun mulai turun melakukan kolaborasi pemadam.

Akibat mencoba memadamkan api, beberapa relawan mengalami luka bakar. Petugas Palam Merah Indonesia (PMI) Samarinda yang datang ke lokasi dengan sigap memberikan pertolongan pertama.

Kebakaran itu meluluhlantakan sejumlah rumah yang berada di tengah-tengah Gang 8 dan 9. Warga setempat sempat panik lantaran nyaris seluruh bangunan yang berada di lokasi kejadian banyak bermaterial kayu.

Informasi yang didapatkan dari info bencana kota Samarinda, kebakaran pada Jumat (3/6/2022) itu juga terjadi di dua tempat lainnya yakni di Jalan Gunung Lingai, Sungai Pinang, akibat kasur terbakar. 

Kebakaran nyaris bersamaan juga terjadi di Pasar Baru Sungai Dama yang berlokasi di Jalan Otto Iskandardinati (Otista) yang berhasil dipadamkan oleh relawan dan petugas Damkar Kota Samarinda. 

Kebakaran itu terjadi akibat travo salah satu listrik di salah satu took di Pasar Baru Sungai Dama terbakar. Kasus ini dalam penyelidikan aparat kepolisian setempat. 

Bencana kebakaran di Kota Samarinda kerap terjadi, sebelumnya 26 Mei 2022 lalu kebakaran terjadi di dua lokasi yang dalam sehari menghanguskan 31 bangunan. 

Kebakaran pertama terjadi di Jalan S Parman, Gang 4, RT 025 dan 028, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang, yang menghanguskan 13 bangunan pada pukul 10.50 WITA beberapa hari lalu.

Lalu, kebakaran juga terjadi di Jalan Cipto Mangunkusumo, RT 02, Kelurahan Sengkotek, Kecamatan Loa Janan Ilir, dan menghanguskan 18 bangunan. 

Sehari sebelumnya atau tanggal 25 Mei 2022 juga terjadi kebakaran di Jalan Pangeran Suryanata pukul 05.50. Sebanyak 6 bangunan terdiri 3 toko kelontong, 1 bengkel, 1 rumah makan dan 1 rumah tunggal ludes terbakar. (tim redaksi)


#kebakaran
#kotasamarinda
#kalimantantimur
#provinsikaltim
#dinasdamkardanpenyelamatan
#relawanbencana
#relawankebakaran

Tidak ada komentar