Breaking News

Wacana Penghapusan Minyak Goreng Curah Kembali Mengemuka, Luhut: Tak Higienis

Minyak goreng curah. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Minyak curah akan dihapus. Wacana ini kembali mengemuka dan pemerintah berencana mengganti minyak curah dengan minyak goreng kemasan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, Pemerintah bakal menghapus minyak goreng curah dan secara bertahap akan digantikan dengan minyak goreng edisi kemasan secara bertahap. Menko Luhut menilai, wacana penghapusan minyak goreng curah dengan alasan kesehatan.

Minyak goreng curah dinilai kurang higienis. "Kami minta secara bertahap tidak ada lagi minyak curah. Jadi, sekarang kemasan semua, karena minyak goreng curah itu kurang higienis," kata Menko Luhut saat konferensi pers Business Matching Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) di Kuta, Dikutip Selasa (14/6/2022).

"Jadi, kita minta nanti secara bertahap tidak ada lagi (minyak goreng) curah. Jadi, sekarang kemasan semua. Itu yang sedang kita kerjakan dan banyak pengusaha itu akan melakukan ke sana dengan harga tetap," lanjutnya.

Untuk diketahui, berdasarkan informasi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional sejak diambil kebijakan penghentian DMO (Domestic Market Obligation) dan diterapkan subsidi minyak goreng 16 Maret 2022, pemerintah berhasil mengurangi kelangkaan minyak goreng khususnya minyak goreng kemasan. Meski begitu, wacana penghapusan minyak goreng curah sebetulnya bukan hal baru dicanangkan. 

Tahun lalu Kementerian Perdagangan pernah menyampaikan bakal menghapus minyak goreng curah mulai 1 Januari 2022. Namun, kebijakan itu dibatalkan. (tim redaksi)

#kementerianperdagangan
#kemendag
#minyakgorengcurah
#wacanapenghapusanminyakgorengcurah
#kelangkaanminyakgoreng
#menkomarves
#luhutbinsarpandjaitan

Tidak ada komentar