Breaking News

Viral Video Bidan Asik Joget TikTok di Depan Pasien yang Sedang Kontraksi, Warganet Meradang

Bidan yang joget tiktok saat pasien hendak melahirkan. Foto : tangkapan layar

WELFARE.id-Aksi tiga orang yang diduga bidan joget di hadapan pasien perempuan yang akan melahirkan viral di media sosial. Aksi ini menuai kecaman warganet yang menganggap perilaku tenaga kesehatan (nakes) ini tidak beretika. 

Video TikTok berdurasi 19 detik itu viral setelah dibagikan akun @bidanpraktekmandiri. Adapun dalam video itu terlihat tiga orang perempuan diduga bidan yang akan membantu seorang pasien perempuan melahirkan, tapi ketiganya malah asik berjoget di saat pasien sedang meringkuk di atas tempat tidur. 

Bahkan seorang lelaki yang diduga suami pasien, terlihat sibuk menyelimuti pasien perempuan tersebut yang terlihat tidak nyaman. 

Dalam video dengan keterangan akun TikTok @bidanpraktekmandiri, ini menyebutkan bidan berjoget sambil menunggu air ketuban pecah. "Sambil menunggu ketuban pecah. Bidannya goyang dulu," tulis keterangan di video tersebut. 

"Lagian ibunya juga tidak bisa dipegang," jelas dalam video itu lagi. 

Meski sudah dihapus, video ini sudah terlanjur beredar di masyarakat. Hingga pukul 18.00 WIB, video ini sudah dibagikan hampir 5 ribu kali, dan menuai 3.137 komentar yang sebagian besar berisi kecaman atas perilaku tenaga kesehatan tersebut. 

"Sepertinya instansi-instansi harus mulai bikin aturan dilarang membuat konten video apapun saat berpakaian dinas atau masih dalam ruang lingkup profesi tanpa izin," sahut @rend***** 

"Dulu mah kan suka ada tuh pasien yang rekam-rekam nakes kalau lagi tindakan, makanya di ruang praktek atau kamar pasien suka ada tulisan dilarang mengambil gambar atau merekam video. Eh sekarang malah direkam sendiri kelakuan akhlakless-nya," ungkap akun @Obe*** 

Tidak hanya itu, akun @blogdokter juga ikut mengkritisi konten yang dibuat para bidan tersebut. Apalagi konten itu berisiko melanggar privasi atau kondisi pribadi pasien. 

"Untuk tenaga kesehatan, minta tolong ingat-ingat lagi etika profesi saat berhadapan dengan pasien. Privasi pasien adalah segalanya, apalagi berhubungan dengan tindakan-tindakan yang membutuhkan privasi tingkat tinggi. Ngonten boleh, etika profesi jangan dilupakan," tulis @blogdokter lengkap dengan me-mention akun Pengurus Besar Ikatan Bidan Indonesia, @PPIBI. 

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Emi Nurjasmi mengaku belum mendapat informasi lebih lanjut terkait kasus viral bidan joget TikTok saat pasien hendak melahirkan. Pihaknya memastikan akan menelusuri terlebih dahulu hal tersebut. "Coba saya akan cari tahu lebih dulu informasi ini (viral bidan joget TikTok)," katanya. 

Emi belum menjelaskan kemungkinan apakah bakal memberikan sanksi lebih lanjut pada bidan tersebut. Sebagai tambahan informasi, pemilik akun @bidanpraktekmandiri kerap mengunggah video berkaitan dengan persalinan, dalam akun TikTok pribadinya disebutkan praktik yang bersangkutan bertempat di Kota Palu. (tim redaksi) 

#viral
#videoviral
#tiktok
#tiktokbidan
#netizen
#ibi
#viralbidanjoget

Tidak ada komentar