Breaking News

Viral Aksi Bidan Joget Tiktok di Depan Pasien, IBI Beri Teguran

Viral di tiktok. Foto : dok

WELFARE.id-Aksi tiga bidan di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang joget TikTok di depan ibu yang hendak melahirkan viral di media sosial. Aksi mereka pun kini menjadi perhatian publik hingga mendapat teguran Ikatan Bidan Indonesia (IBI). 

Ketua IBI Kota Palu Titin Lestari mengaku sudah memanggil Wayan Agustini, pemilik Tempat Bidan Praktek Mandiri (TBPM) gegara videonya yang viral itu. Titin menyebut jika pihaknya telah menegur untuk tidak lagi memosting video serupa di media sosial (medsos). "Iya, mereka sudah kami panggil untuk buat klarifikasi," ungkap Titin dalam keterangannya kepada awak media, dikutip Minggu (19/6/2022). 

Titin menuturkan jika dirinya memanggil langsung Agustini untuk memberikan klarifikasi perihal video tak terpuji itu. Namun, dalam pengakuan Wayan Agustini bahwa dirinya hanya sebatas mengedukasi dan menghibur pasien. Kemudian aksi joget-jogetnya itu juga sudah atas izin pasien dan keluarganya. 

"Jadi kami jelaskan bahwa kami dari IBI Kota Palu sudah meminta yang bersangkutan (Wayan Agustini) untuk mengklarifikasi video viral itu. Jadi karena ini murni hanya sebatas memenuhi permintaan pasien yang tidak bisa dipegang saat sedang melahirkan, akhirnya para bidan ini menyemangati menghibur," ungkap Titin. 

Titin menegaskan, bahwa meski pihaknya sudah memberikan teguran atas viralnya video joget TikTok para bidan ini. Pihaknya juga akan memperkuat pembinaan tempat praktik mandiri bidan (TPMB) lainnya.  

"Untuk hal ini kami sudah menegur agat tidak lagi memposting video serupa di medsos kalau berada di ruangan perawatan. Kami juga akan melakukan pembinaan ke semua Tempat Praktik Mandiri Bidan (TPMB), itu jadi pembelajaran," kata Titin. 

Sebelumnya telah viral, tiga orang nakes di Kota Palu, Sulawesi Tengah melakukan aksi joget TikTok saat seorang ibu akan melahirkan. Tempat Bidan Praktek Mandiri (TBPM) itu diketahui merupakan milik Wayan Agustini yang beralamat di Jalan Soeprapto, Kota Palu. 

Viralnya video ini rupanya juga menyeret akun @bidanpraktekmandiri di instagram. Nyatanya, akun mereka berbeda dengan akun yang yang di tiktok. 
Mereka pun memberikan klarifikasinya. Berikut petikannya : 

Selamat malam semuanya, 

Kami dari akun bidanpraktekmandiri (instagram) ingin menyampaikan beberapa point penting. 

1. Bahwa tempat praktek kami berlokasi di Bali sedangkan berita yang viral adalah Palu . 

2. Kami tidak memiliki akun tiktok dalam nama apapun. Dan hanya memiliki akun ig saja. 

3. Bidan yang viral di video, bukan berasal dr tempat praktek kami. 

4. Mungkin beberapa akun tidak bermaksud untuk memberikan tagline pada akun kami, karena yang dimaksud adalah akun tiktok. 

NAMUN, karena feed diupload di akun instagram maka otomatis akun kami terkena tagline(salah tag). Kami berharap agar kejadian ini tidak terulang kembali, dan semua bisa lebih teliti lagi sebelum memposting berita terutama dengan akun yang sudah terverifikasi (verified account) atau kalo kata mimin "centang biru" 5 

5. Kami berharap agar teman" online bisa lebih bijak lagi membaca dengan teliti dan mengecek kebenaran berita sebelum memberikan komentar apalagi hate speech. 6. Mari bijak ber-mediasosial, sometimes your fingers more harmful than a weapon. Let's used it wisely 

8. Slide terakir contoh akibat apabila tidak membaca dengan teliti. 

Kami berharap semua akun yang sengaja maupun tidak sengaja membuat tageline ke akun kami mohon kesadarannya untuk klarifikasi dan menghapusnya. Terima kasih kepada teman" online yang memberikan info, dan terima kasih kepada akun" yang sudah klarifikasi. (tim redaksi

#viral
#videoviral
#viralbidanjogetdidepanpasien
#tiktok
#praktekbidan

Tidak ada komentar