Breaking News

Untuk Kedua Kali, Robert Lewandowski Raih Sepatu Emas Eropa

Striker klub Bayern Muenchen, Robert Lewandowski meraih Sepatu Emas Eropa. Foto: AFP 

WELFARE.id-Lagi, striker klub Bayern Muenchen, Robert Lewandowski meraih Sepatu Emas Eropa karena menjadi pencetak gol terbanyak dalam pertandingan sepakbola di Benua Biru tersebut. 

Penghargaan yang diperoleh Lewandowski itu menjadi trofi kedua yang didapatnya selama dua tahun berturut-turut.

Seperti dilansir laman Bundesliga, Kamis (9/6/2022), Lewandowski mencetak sebanyak 35 gol di Bundesliga selama musim 2021/2022. Angka ini menurun dibandingkan jumlah golnya musim lalu sebanyak 41 gol.

Lewandowski yang kini berusia 33 tahun itu berhasil menyalip beberapa saingannya dalam meraih penghargaan tersebut. Seperti Kylian Mbappe (Klub Paris Saint Germain) dengan 28 gol, serta Ciro Immobile (Klub Lazio) dan Karim Benzema (Klub Real Madrid) dengan 27 gol.

Tingginya produktivitas gol Lewandowski pun turut membantu Bayern Muenchen mempertahankan gelar Bundesliga untuk ke-10 kalinya selama 10 tahun berturut-turut. 

Dia mengukir rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Bundesliga selama lima kali beruntun dengan total tujuh kali selama berseragam Muenchen

Penyerang timnas Polandia ini menjadi pemain Bayern kedua yang memenangkan Sepatu Emas Eropa setelah sebelumnya diraih Gerd Muller pada musim 1969/1970 dan 1971/1972. 

Selain 35 gol di Bundesliga, Lewandowski turut mencatatkan 13 gol di Liga Champions UEFA dan dua kali di Piala Super Jerman dengan total 50 gol di semua kompetisi.

Untuk diketahui,  musim ketujuh ini Lewandowski menghasilkan lebih dari 40 gol setiap musimnya. Rekor ini masih kalah dari Lionel Messi dengan 10 musim dan Cristiano Ronaldo dengan delapan musim.

Selama memperkuat Bayern Muenchen, Lewandowski mencetak 344 gol dari 374 pertandingan. Dia pun memiliki jumlah gol kedua terbanyak sepanjang sejarah Bundesliga dengan meraih 312 gol dalam 383 penampilan di Bundesliga. 

Sedangkan untuk posisi pertama ditempati oleh Gerd Muller dengan mencetak 365 gol. (tim redaksi)

#sepakbola
#ligaeropa
#robertlewandowski
#bundesliga
#sepatuemaseropa
#bayernmuenchen
#timnaspolandia

Tidak ada komentar