Breaking News

Ukraina Rebut Kota Sievierodonetsk, Ledakan Keras Terjadi di Kiev

Seorang warga melintasi jalanan di salah satu sudut Kota Sievierodonetsk yang rusak parah dan dikuasia oleh militer Rusia. Foto: AP Photo

WELFARE.id-Perang terus berkobar antara Rusia dan Ukraina. Terbaru, ledakan sangat keras terdengar berturut-turut di Ibu Kota Ukraina, Kiev. Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko mengatakan terdengar sejumlah suara ledakan keras pagi Minggu (5/6/2022) pagi. 

Ledakan itu terjadi, ujar Klitschko juga, setelah pasukan militer Ukraina telah merebut kembali Kota Sievierodonetsk yang selama ini dikuasai tentara Rusia yang melakukan invasi ke daerah tersebut.

"Terjadi sejumlah ledakan di distrik Darnytskyi dan Dniprovskyi di Ibu Kota, tim penyelamat sudah bekerja di lokasi kejadian. Informasi lebih detail akan disampaikan selanjutnya," terang Klitschko di aplikasi kirim pesan Telegram, Minggu (5/6/2022).
Sejumlah saksi mata mengatakan melihat asap di atas Kiev setelah ledakan terdengar. Ledakan itu memicu aktifmya sirene darurat yang terdengar di seluruh Ukraina termasuk di daerah Kiev.

Sebelumnya dilaporkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengatakan artileri Rusia menghancurkan biara Ortodoks Ukraina yang dibangun pada awal abad ke-17. 

Ukraina mengklaim, Rusia menyerang kompleks biara Svyatohirsk Lavra milik Gereja Ortodoks Ukraina dari Patriarkat Moskow, yang terletak di Donetsk.

”Artileri Rusia menyerang Svyatohirsk Lavra di wilayah Donetsk lagi hari ini. Menghancurkan Biara All Saints, yang ditahbiskan pada tahun 1912. Biara itu pertama kali dihancurkan selama era Soviet. Kemudian dibangun kembali untuk dibakar oleh tentara Rusia,” ujar Zelenskyy, seperti dilansir Aljazeerah, Minggu (5/6/2022).

Akibat tindakannya itu, Zelenskyy juga menyerukan agar Rusia dikeluarkan dari badan budaya PBB atau UNESCO. Zelenskyy mengatakan, dua biarawan dan seorang biarawati tewas dalam serangan Rusia yang terjadi pada 1 Juni 2022 tersebut.

”Setiap gereja yang dibakar oleh Rusia di Ukraina, setiap sekolah yang diledakkan, setiap tugu peringatan yang dihancurkan membuktikan bahwa Rusia tidak memiliki tempat di UNESCO,” cetus Zelenskyy juga. (tim redaksi)

#perang
#invasimiliter
#ukraina
#rusia
#kiev
#ledakanrudal
#walikotakiev
#vitaliklitschko

Tidak ada komentar