Breaking News

Tukar 14 Ribu Dolar Singapura dengan Cek Expired, Warga Banten Ditangkap Polisi

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombespol Wibowo. Foto: YouTube

WELFARE.id-Nekat menukarkan cek yang sudah tak berlaku (expired), seorang warga Provinsi Banten berinisial HW ditetapkan sebagai tersangka. Penukaran cek expired itu dilakukan kepada pegawai kantor penukaran mata uang asing (money changer). 

Menurut Kapolres Metro Jakarta Utara Kombespol Wibowo dalam konferensi pers di Markas Polrestro Jakarta Utara, Senin (13/6/2022), tersangka diduga sudah menukarkan cek expired di enam lokasi di wilayah Jakarta dan luar Jakarta.

Wibowo menjelaskan kasus itu bermula saat polisi mendapat laporan dari salah satu kantor money changer yang menjadi korban penipuan ke Markas Polsek Kelapa Gading.

Kantor money changer itu menyertakan laporannya dengan bukti rekaman kamera pengawas (Closed Circuit Television atau CCTV) yang merekam aksi HW menipu korbannya.

Berbekal rekaman CCTV tersebut, petugas Unit Reserse Kriminal Polsek Kelapa Gading di bawah pimpinan Iptu Fauzan Yonnadi melakukan penyelidikan. Polisi meringkus HW di kawasan Tangerang Selatan, Banten pada 5 Juni 2022 sekitar pukul 02.00 WIB.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, tersangka mengaku sudah menipu enam kantor money changer yang berbeda lokasi sejak 2015 lalu. Dalam konferensi pers itu juga, polisi turut menampilkan sejumlah uang tunai yang disita dari tersangka sebagai barang bukti.

Menurut Wibowo juga, tersangka HW berhasil menukarkan cek tak berlaku dengan sejumlah uang tunai tersebut kepada pegawai money changer karena penukaran di luar kantor sehingga perbuatannya tidak segera diketahui oleh korban. 

Wibowo menjelaskan, awalnya tersangka HW menghubungi pegawai kantor money changer untuk membawa sejumlah uang yang akan ditukar dengan cara bertemu di tempat yang telah ditentukan untuk melakukan transaksi.

HW pun berupaya meyakinkan pegawai kalau dia membawa cek yang dapat ditukar dengan sejumlah nominal mata uang asing, antara lain dalam dolar Singapura dan dolar Amerika Serikat. 

Setelah yakin, pegawai money changer itu datang membawa sejumlah uang tunai yang diminta HW guna ditukar dengan cek tersebut.

Hanya saja, pegawai tersebut tidak pernah bisa mencairkan nominal yang tertulis dalam cek yang didapat dari HW karena cek itu sudah tidak berlaku lagi. Akibat perbuatannya, HW dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman kurungan empat tahun penjara. (tim redaksi)


#kriminalitas
#penipuan
#moneychanger
#cektakberlaku
#expired
#polresmetrojakartautara
#kapolresjakartautara
#kombespolwibowo

Tidak ada komentar