Breaking News

Tokyo Diterpa Gelombang Panas, Pemerintah Malah Minta Warga Hemat Listrik

Cuaca panas di Ginza, Jepang. Foto: Istimewa/ AFP

WELFARE.id-Musim panas tahun ini di Tokyo, Jepang kurang menyenangkan. Pasalnya, Tokyo diterpa gelombang panas yang cukup ekstrem.

Melansir AFP, Rabu (29/6/2022), suhu di Tokyo, Jepang, selama 4 hari terakhir mencapai rekor terpanas sejak hampir 150 tahun. Pada Selasa (28/6/2022), suhu di Tokyo menembus 35 derajat Celsius pada pukul 13.00 waktu setempat. 

Ini merupakan hari keempat berturut-turut di Tokyo suhu melampaui 35 derajat Celsius.  Kondisi ini mempengaruhi konsumsi listrik di ibu kota negara itu.

Penggunaan AC secara bersamaan membebani kelistrikan di sana. Gubernur Tokyo mendesak agar pemerintah pusat memotong tarif listrik di tengah lonjakan penggunaan yang juga mempengaruhi pengeluaran warganya. 

Pihak berwenang meminta pelanggan di Tokyo menghemat listrik guna menghindari ancaman pemadaman akibat tingginya beban. Para pejabat cuaca melaporkan akhir musim hujan, yang membantu menahan suhu yang lebih tinggi, telah terjadi paling awal sejak pencatatannya dimulai pada tahun 1951. 

Pihak berwenang mengatakan, warga harus berusaha menghemat listrik, terutama pada malam hari, dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga diri dari serangan panas.

Badan Meteorologi Jepang memperkirakan suhu di Tokyo akan mencapai puncak tertinggi yakni 36 derajat Celsius pada Kamis mendatang. Gelombang panas juga mempengaruhi sistem kesehatan. 

Beberapa wilayah melaporkan lonjakan kasus rawat inap akibat gangguan terkait sengatan panas. Hingga Selasa pukul 09.00 waktu setempat, 13 orang dilarikan ke rumah sakit di Tokyo akibat sengatan panas. 

Setidaknya dua orang meninggal akibat penyakit terkait dengan suhu panas. "Tampaknya ada beberapa orang lansia yang mematikan AC karena ada permintaan dari kami kepada warga untuk menghemat energi. Tapi tolong, ini panas, jangan ragu-ragu untuk menggunakannya," kata Menteri Perdagangan dan Industri Koichi Hagiuda, melansir Reuters. (tim redaksi)

#gelombangpanas
#cuacapanasekstrem
#tokyojepang
#wargadimintahematlistrik
#gangguankesehatan
#musimpanas

Tidak ada komentar